Info Tentang Jamur Truffle, Salah Satu Jamur Termahal Di Dunia

Berita Terbaru Jamur truffle diketahui jadi bahan makanan pada harga fantastis. Jamur ini juga diklaim jadi jenis jamur termahal di dunia. Keberadaan jamur truffle sebetulnya bukan hal baru. Tetapi, belakangan ini jamur truffle kembali jadi pembicaraan sesudah juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold, memperlihatkan jamur ini yang ia taruh di kulkasnya. Banyaknya tidak sedikit untuk ukuran jamur semahal itu. Chef Arnold menyimpan 2,5 kg jamur truffle yang ditaksir harga sampai Rp125 juta. Kurang lebih kenapa dapat semahal itu ya? Berikut ulasannya :

Info Tentang Jamur Truffle, Salah Satu Jamur Termahal Di Dunia

Berasal dari daerah Eropa
Walau sekarang jamur truffle telah berada di lebih dari 36 negara, tapi pertama-tama diperkenalkan di Eropa. Ada dua jenis truffle yang sekarang mempunyai harga fenomenal, jamur truffle hitam serta putih. Truffle hitam atau tuber melonosporum adalah umumnya tumbuh subur pada September sampai Desember. Jamur ini datang dari daerah Perigord di barat daya Prancis. Sedang, truffle putih biasa diketemukan di daerah Piedmont di Italia Utara, khususnya di pedesaan seputar Alba. Jamur yang mempunyai nama lain tuber magnatum ini dapat diketemukan pada musim dingin serta musim gugur.

Jenis jamur yang benar-benar susah dibudidayakan
Jamur truffle bukan jamur biasa. Jamur ini tumbuh liar dengan alami tidak dapat diproses atau dikontrol produksinya. Jika ingin membudidayakan truffle, paling tidak mereka harus menanam pohon ek terlebih dulu.Yap, jamur truffle memang biasa tumbuh dibawah pohon ek, poplar, beech, atau hazel. Dibutuhkan empat sampai tujuh tahun sebelum truffle pertama ada. Belum juga tidak semua pohon akan membuahkan jamur truffle. Banyak unsur yang mempengaruhinya, dari mulai kandungan tanah sampai keadaan cuaca. Susahnya proses budidaya berikut yang membuat jamur truffle mempunyai harga yang benar-benar fantastis.

Punya banyak manfaat ajaib untuk tubuh
Jamur truffle tidak sebatas mahal. Segudang manfaat kesehatan yang dipunyai jamur ini jadi fakta mengapa harga selangit. Pertama, jamur truffle diklaim dapat menahan kanker. Jamur ini memiliki kandungan anti-oksidan serta antiinflamasi yang benar-benar berguna untuk menahan serta menyembuhkan kanker. Saat dikonsumsi, jamur ini disebutkan dapat hentikan perkembangan sel kanker di tubuh, hingga perlahan-lahan badan jadi resisten pada sel kanker. Diluar itu, jamur truffle punyai banyak manfaat yang lain, seperti lancarkan peredaran darah, menyembuhkan sakit kepala, sampai menolong pembentukan otot.

Sudah pernah terjual sampai Rp1,5 miliar
Jamur truffle memang diketahui mempunyai harga selangit. Type truffle hitam umumnya dibandrol seputar Rp5,6 juta per 450 gr. Sedang, type truffle putih dapat jauh tambah mahal. Truffle putih dapat dibandrol seputar Rp31 juta per 450 gr. Pada November 2018, satu jamur truffle putih sudah pernah cetak rekor jadi satu diantara yang termahal. Jamur truffle putih langka itu terjual sampai seputar Rp1,5 miliar dengan berat 850 gr di Alba, Italia. Jamur itu dibeli oleh seseorang masyarakat Hong Kong yang dirahasiakan namanya. Ia membayar 30 kali tambah mahal dibanding harga market untuk mendapatkan jamur kecil itu.

Wah, patut saja mahal serta spesial ya! Jika kamu punyai uang banyak, kurang lebih akan membelinya tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *