Intip Suka Duka Kehidupan Astronaut Di Ruang Angkasa

Berita Terbaru Seberapa sering kamu melihat film bertemakan luar angkasa serta astronaut? Gambaran yang diberi seringkali tidak sesuai dengan kenyataannya. Perjalanan luar angkasa kelihatan menyenangkan serta damai. Jelas saja sebab mereka tidak menunjukkan semua yang berlangsung.Astronaut sebetulnya alami beberapa jenis kesusahan untuk tinggal di dunia tanpa ada gravitasi itu. Diantaranya ialah pada segi kebersihan diri. Terkadang mereka harus merelakan diri tidak mandi serta tidak ganti pakaian selama beberapa hari. Ditambah lagi penjelajahan kurang memerlukan waktu satu minggu atau dua minggu.Kira-kira seperti apa kehidupannya ? Berikut penjelasannya :

Intip Suka Duka Kehidupan Astronaut Di Ruang Angkasa
???

Meminimalisasi pemakaian air
Astronaut harus ikhlas kurangi pemakaian air untuk bersihkan diri di luar angkasa. Karena air akan melayang serta membuat usaha mereka untuk mandi percuma. Oleh karena itu, umumnya mereka bawa shampo kering yang tak perlu dibasuh untuk bersihkan rambut. Bila diperlukan, air akan dituangkan seperlunya ke tangan serta langsung dioleskan ke bagian tubuh tertentu. Kemudian mereka harus langsung mengeringkannya secara langsung supaya air tidak merusak perlengkapan elektronik di pesawat.

Astronaut masih bersihkan gigi
Membersihkan gigi di luar angkasa ialah hal yang penting untuk dilakukan. Tetapi bukan lantaran fakta biasa. Menurut European Space Agency (ESA), astronaut tetap bersihkan gigi sebab kemampuan akselerasi serta getaran sepanjang penerbangan dapat membuat gigi sakit, khususnya bila ada yang berlubang atau ditambal.Lalu bagaimanakah cara mengerjakannya? Nyatanya tidak ada yang istimewa, mereka masih memakai sikat gigi serta pasta gigi biasa. Tetapi karena harus mengurangi pemakaian air, mereka umumnya harus menelan pasta gigi atau mengeluarkannya ke handuk.

Buang air kecil memerlukan waktu yang lama
Rata-rata astronaut memerlukan waktu semakin banyak untuk buang air kecil. Mereka bahkan juga harus memperoleh kursus spesial untuk lakukan ini. Bagaimana tidak, memang susah untuk dapat memakai toilet di luar angkasa.Pertama, mereka harus mengikat kakinya di kloset supaya tidak melayang-layang. Bila ingin buang air kecil, astronaut membutuhkan corong seperti pispot yang menempel pada selang pada dinding serta bekerja seperti vacuum cleaner.

Buang air besar nyatanya lebih sulit
Bila harus buang air besar, mereka harus menempatkan kantung spesial di kloset untuk menampungnya. Mereka harus memberikan tambahan bahan penghilang kuman ke dalamnya supaya tidak meledak sebab tekanan. Kemudian kantung ditutup serta disimpan dibawah toilet sampai dapat dibuang dengan aman. Dikutip dari Space.com, semua tahap itu memerlukan waktu sekurang-kurangnya 45 menit.

Astronaut memakai sabun khusus yang tak perlu dibilas
Astronaut mandi dengan sabun kok tetapi mereka tidak membutuhkan air untuk membilasnya. Dikutip dari situs NASA, sabun itu dirancang khusus seperti yang ada di rumah sakit. Umumnya orang yang sakit kronis tidak dapat ke kamar mandi hingga mereka memakai sabun tanpa ada air itu. Sesudah mandi, mereka harus pastikan busa tidak melayang-layang ke mana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *