Sejarah Kelam Tentang Medusa

Berita Terbaru Nama Medusa bukan nama yang asing. Monster berwujud wanita berkepala ular ini seringkali dijadikan sebagai karakter antagonis film yang mengulas mengenai mitologi.Tetapi apa kamu tahu bila Medusa sendiri dahulunya bukan monster, tetapi manusia biasa? Di bawah ini ialah cerita dibalik monster bernama Medusa itu.

Sejarah Kelam Tentang Medusa

Medusa ialah satu diantara tiga bersaudara Gorgon
Dituliskan dalam Theogony karangan Hesiod, Medusa ialah anak dari Keto serta Phorkys, dewa laut purba. Ia adalah hanya satu anak dari kedua dewa itu yang disebut makhluk fana. Dua saudari yang lain, Stheno serta Euryale, ialah makhluk kekal. Ketiganya dikatakan sebagai tiga bersaudara Gorgon.

Dikatakan Medusa benar-benar cantik sampai menarik perhatian dewa yang lain
Dalam cerita yang berbeda, yaitu dari cerita Metamorphoses karangan Ovid, asal mula Medusa dilukiskan jadi wanita yang cantik. Karena sangat cantiknya, wajah Medusa menarik perhatian Poseidon, sang dewa laut, saudara dari Hades serta Zeus. Menginginkannya, Poseidon ajak Medusa ke kuil Athena serta memperkosanya disana.

Athena ialah yang mengutuk Medusa jadi monster
Athena tahu tingkah dewa laut itu. Ia juga murka atas aksi tidak pantas yang berlangsung serta dikerjakan di kuilnya. Atas fundamen balas dendam, Athena juga mengubah figur Medusa untuk mempunyai rambut ular supaya tidak lagi ada pria yang dapat mendekatinya. Siapa saja yang menatap langsung Medusa, dirinya akan langsung menjadi batu.

Medusa jadi misi Perseus
Cerita terpopuler mengenai Medusa hadir dari perjalanan Perseus, si setengah dewa. Anak dari Zeus serta Danae, putri Acrisius, raja Argos itu memperoleh misi untuk memperoleh kepala monster ular itu.

Mendatangi tempat tinggal Gorgon bersaudara, Perseus mengendap-endap serta menyerang Medusa pada saat ia tertidur. Perseus mencerminkan pandangan Medusa melalui perisai yang diberi Athena serta sukses memotong medusa. Perseus juga bawa pulang kepala Medusa itu.

Karena aksi Perseus, Medusa melahirkan dua anak
Dikisahkan sesudah Perseus memotong Medusa, lahirlah makhluk mitologi lain dari leher Medusa, yakni Pegasus. Kuda bersayap itu jadi tunggangan Perseus untuk terbang serta menghantarkan kepala Medusa itu. Satu makhluk keluar dari Medusa. Bernama Chrysaor, seorang raksasa yang terlahir dengan menggenggam pedang emas di tangannya.

Kekuatannya itu membuat Perseus memakai kepala Medusa jadi senjata
Dalam narasi kelanjutan Perseus, karakter setengah dewa itu memakai kepala Medusa jadi senjata. Jadi contoh ialah cerita Perseus yang selamatkan Andromeda. Perseus membatukan Cetus, monster bawaan Poseidon yang akan melahap Andromeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *