Analisa Menjelang Persela Lamongan Melawan PSM Makassar

Berita Terbaru Persela Lamongan belum juga ingin berhenti mencetak kemenangan di Shopee Liga 1 2019. Awalnya, mereka sukses mendapatkan tiga kemenangan berturut-turut, yakni waktu menghadapi Badak Lampung, Borneo FC, serta Persib Bandung.

Sekarang, klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu direncanakan melayani PSM Makassar di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu sore (7/12/2019). Tidak ada target buat Persela Lamongan selain mengamankan point penuh dalam pertandingan minggu ke-31 ini.

“Saya berharap pemain konsentrasi, konsentrasi, serta tahu bagaimana mengoptimalkan potensi mereka. Saya masih konsentrasi dengan tim. Kami telah ada analisa taktikal kekurangan serta kemampuan musuh dalam 3 laga terakhir,” kata Nilmaizar, pelatih Persela.

Sayang, Persela tidak dapat turunkan kemampuan terbaik bersamaan absennya stoper Bijak Satria. Pemain bernomor punggung 28 itu mendapatkan larangan berlaga karena kartu merah yang diterimanya waktu menang atas Persib, Selasa (3/12/2019).

Peluang, Nilmaizar akan memercayakan Demerson Bruno Costa untuk gantikan Bijak Satria. Pemain dari Brasil itu telah pulih dari luka yang menderanya serta sempat memaksanya mangkir dalam empat pertandingan berturut-turut.

Demerson telah mendapatkan peluang bermain dalam tiga pertandingan paling akhir, waktu Persela menang, tetapi cuma untuk alternatif. Sekarang, peluang bikin bekas pemain Bali United itu untuk kembali tampil semenjak menit pertama.

“Persela Lamongan siap hadapi Makassar, dengan fisik, dengan tehnik, dengan strategi, serta dengan mental. Namun kami tidak bisa mainkan Bijak Satria sebab ia tempo hari bisa kartu merah, tetapi semua pemain dalam keadaan yang bagus,” tambah Nilmaizar.

Analisa Menjelang Persela Lamongan Melawan PSM Makassar

Untuk Jauhi Zona Degradasi
Usaha memenangi pertandingan kontra PSM ini mempunyai tujuan membuat Persela Lamongan makin menjauh dari zone kemunduran. Mereka sekarang masih juga dalam keadaan belum aman walau sudah mengumpulkan 34 point di tempat ke-15 klassemen sementara.

“Target kami masih amankan tiga point di kandang sendiri. Tetapi, itu tidak segampang mengubah telapak tangan, sebab PSM Makassar tidak ingin kalah di sini,” tambah pelatih dari Sumatera Barat itu.

Persela sendiri mempunyai catatan jelek dalam pertemuan dengan PSM Makassar semenjak masa Liga 1, atau dalam lima pertemuan paling akhir. Eky Taufik dkk. tertera belum pernah menang menantang PSM di kandang sendiri.

Dari lima pertemuan, Persela Lamongan cuma sekali tundukkan PSM. Itu berlangsung waktu mereka berkunjung ke tempat Juku Eja dengan kemenangan 3-2 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar (6/4/2019).

Juku Eja Ingin Tuntaskan Penasaran
Selain itu, PSM Makassar hadir ke Lamongan bermodalkan minor. Sampai minggu ke-30 Shopee Liga 1 2019, Juku Eja jadi hanya satu team yang belum pernah menang di pertandingan tandang. Dari 14 partai tandang, mereka mencatat 3x seimbang serta 11 kali kalah.

Hasil minor ini menjadi noda perjalanan profesi Darije Kalezic sebagai pelatih PSM walau dapat bawa skuatnya mendapatkan trofi Juara Piala Indonesia 2018. Tekanan ke manajemen PSM supaya tidak memilih Darije menjadi pelatih musim depan semakin marak banyak muncul di golongan supporter Juku Eja.

Tetapi, Darije bergerak. Bekas pelatih Roda JC Kerkrade ini masih meyakini dengan potensi pemainnya untuk mencetak kemenangan tandang di Liga 1, Seperti yang diperlihatkan PSM di Piala AFC, dimana mereka sukses tembus semi-final zone Asean walau semua partainya berjalan di luar Makassar.

“Saya telah tekankan ke pemain supaya konsentrasi pada tiap laga. Hasil awalnya jadi bahan pelajari untuk memandang pertandingan seterusnya,” tegas Darije.

Menghadapi Persela Lamongan, PSM kembali dapat mainkan Amido Balde serta Rizky Pellu yang mangkir waktu Juku Eja ditahan seimbang 2-2 oleh Borneo FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin (2/12/2019). Keduanya bisa saja sandaran Juku Eja untuk memperoleh gol.

Rizky Pellu contohnya. Walau bersatus gelandang jangkar, bekas SAD Uruguay ini sering jadi pahlawan kemenangan melalui golnya. Musim ini, Pellu telah mencetak 5 gol buat PSM.

Prediksi Formasi Pemain
Persela (4-3-3): Dwi Kuswanto (penjaga gawang); Birrul Walidain, Demerson Bruno, Mochammad Zaenuri, Eky Taufik (belakang); Lucky Wahyu, Delvin Rumbino, Kei Hirose (tengah); Malik Risaldi, Alex Goncalves, Rafael Oliveira (depan)

Pelatih: Nilmaizar

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (penjaga gawang), Beny Wahyudi, Aaron Evans, Hasim Kipuw, Taufik Hidayat (belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *