Banyaknya Kandungan Kafein Yang Dibolehkan Untuk Ibu Yang Tengah Menyusui

Berita Terbaru Ibu yang terbiasa konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman mudah, minuman berenergi, atau minuman bersoda seharusnya butuh mengubah pola rutinitas itu saat menyusui. Masalahnya jumlahnya kafein berlebihan pada minuman itu bisa punya pengaruh pada ASI Anda. Hal itu beresiko membuat si kecil gampang rewel, gelisah dan susah tidur. Walau demikian, bukan berarti ibu menyusui tidak bisa konsumsi kafein sama sekali. Anda masih bisa konsumsi minuman berkafein, namun jumlahnya dibatasi.

Menurut Konselor Menyusui F.B Monika, pada umumnya ibu menyusui bisa konsumsi cafein dalam jumlahnya sedang yakni sekitar 300-750 mg/hari. Dalam situs American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan hal sama.

Secangkir kopi bisa memiliki kandungan sekitar 100 mg kafein, secangkir teh bisa memiliki kandungan 50 mg cafein, dan satu kaleng minuman bersoda bisa memiliki kandungan 40 mg cafein. Itu berarti ibu menyusui bisa nikmati beberapa gelas atau cangkir minuman yang memiliki kandungan cafein.

Banyaknya Kandungan Kafein Yang Dibolehkan Untuk Ibu Yang Tengah Menyusui

Bayi bisa tunjukkan beberapa gejala terstimulasi cafein jika Anda konsumsi cafein terlalu berlebih yakni lebih dari 750 mg/hari. Beberapa gejala itu diantaranya bayi jadi benar-benar aktif, terbangun, tidak tidur dalam periode waktu lama, serta benar-benar rewel. Jadi jalan keluarnya, ibu bisa coba kurangi konsumsi cafein atau menghentikannya, lalu lihat perubahan gejala pada bayi satu minggu sesudahnya.

Tetapi, mitos jika cafein bisa menurunkan produksi ASI ialah tidak benar. Peluang yang berlangsung ialah terdapatnya cafein di ASI yang mengakibatkan bayi jadi rewel serta tidak ingin menyusu dengan baik hingga mempunyai potensi turunkan produksi ASI, sebab ibu menyusui tidak mengosongkan payudara secara baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *