Makanan-Makanan Yang Masih Dapat Dikonsumsi Ketika Sudah Kadaluwarsa

Berita Terbaru Sejauh ini, tanggal kedaluwarsa jadi referensi untuk tahu apa makanan yang kita taruh masih dapat dikonsumsi atau mungkin tidak. Bahkan, saking khawatirnya, walau belum basi, makanan itu telah kita buang waktu baru mendekati tanggal kedaluwarsanya.Nah, nyatanya, menurut Paul VanLandingham, anggota senior dari Pusat Manajemen Makanan serta Minuman dari Kampus Johnson & Wales dalam wawancaranya di WebMD, tanggal itu mengacu pada kualitas makanan, daripada keamanannya. Bahkan, ada banyak jenis makanan yang masih aman dikonsumsi, walau telah melalui tanggal kedaluwarsanya. Seandainya, langkah menyimpannya benar, serta minim kerancuan.Apa saja ? Intip penjelasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Makanan-Makanan Yang Masih Dapat Dikonsumsi Ketika Sudah Kadaluwarsa

Pasta kering
Menurut FoodSafety.gov, situs keamanan makanan punya Departemen Kesehatan serta Service Warga Amerika Serikat, pasta yang belum dibuat, atau masih juga dalam kondisi kering dapat disimpan sepanjang satu sampai dua tahun sesudah tanggal kedaluwarsanya.Sementara pasta segar yang belum dibuat (umumnya disimpan dalam kulkas, ada di samping beberapa produk keju di supermarket), masih aman disantap empat sampai lima hari sesudah tanggal kedaluwarsa. Jika dibekukan, waktu simpannya dapat lebih lama ; seputar enam sampai delapan bulan. Beda dengan pasta yang telah dibuat. Sepanjang belum bersentuhan dengan saus atau bahan yang lain, makanan ini hanya bertahan sepanjang tujuh hari di kulkas, serta enam sampai delapan bulan dalam freezer.

Sereal
Dikutip Insider, waktu belum dibuka, sereal dapat bertahan sepanjang enam sampai delapan bulan melalui tanggal kedaluwarsanya. Tetapi, jika telah dibuka, kesegarannya cuma akan bertahan sepanjang empat atau enam bulan saja. Karena, sereal tidak betul-betul membusuk. Tidak akan ada permasalahan serius berkaitan mutunya. Waktu kita biarkan kotaknya terbuka, teksturnya kemungkinan mengeras, tetapi kita tidak akan mengalami keracunan saat menyantapnya.

Daging serta unggas mentah
Nyatanya, daging serta unggas mentah masih aman dikonsumsi melalui tanggal kedaluwarsanya, seandainya disimpan dalam freezer. Berdasar FoodSafety.gov, minimal daging giling beku dapat bertahan tiga sampai empat bulan. Sedang, ayam serta kalkun mentah dapat dibekukan sampai setahun.Berdasarkan keterangan dalam situs itu, bakteri pemicu keracunan makanan tidak dapat tumbuh dalam freezer, hingga masih aman dikonsumsi walau telah dibekukan lama. Namun, tekstur dan rasanya tidak akan berasa nikmat .

Ikan mentah
Berdasar Eat by Date, ikan mentah dapat bertahan lebih lama –sekitar enam sampai sembilan bulan– jika dibekukan. Jenis ikan yang telah diasap dapat disantap sampai tiga atau enam bulan sesudahnya, jika disimpan dalam freezer.Sementara, ikan kalengan yang masih tersegel (seperti tuna), masih dapat dikonsumsi dalam periode waktu dua serta lima tahun sesudah tanggal kedaluwarsanya.

Makanan kalengan
Walau tidak semua makanan kaleng dapat bertahan selama-lamanya, tetapi sejumlah besar dapat dikonsumsi harus telah melalui tanggal kedaluwarsanya. Satu riset yang diedarkan pada tahun 1983 di Journal of Food Science temukan, kandungan nutrisi makanan kalengan dari tahun 1930-an serta 1860-an berisi jagung manis, serta produk acar sayuran masih terbangun mutunya. Tipe makanan yang benar-benar asam seperti tomat serta nanas, sayuran kaleng, dan sup kalengan dapat dikonsumsi satu sampai dua tahun sesudahnya. Sedang, kita dapat menyimpan makanan seperti seperti kornet dalam waktu yang lebih lama, selama dua hingga lima tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *