Dampak Positif Menegur Orang yang Salah

Berita Terbaru Dalam kehidupan setiap hari, kadang-kadang kita lihat seseorang yang tidak kita kenal melakukan suatu hal yang buruk. Contohnya mungkin merokok d tempat yang tidak dibolehkan, buang sampah asal-asalan, menyalahi ketentuan jalan raya, dan lain-lain. Saat lihat hal seperti itu berlangsung, apa reaksimu?

Tentu, aksi salah itu sempat membuat kamu berpikir untuk menyapa orang itu. Tetapi kamu kemungkinan sangsi atau takut, ditambah lagi jika orang itu bertampang tidak ramah. Nah, sebetulnya kamu tidak butuh merasakan demikian. Jangan ia memang salah, kamu harus berani memberinya teguran. Mengapa? Ini beberapa faktanya :

Dampak Positif Menegur Orang yang Salah

Agar ia sadar dan berhenti melakukannya
Fakta pertama tentunya untuk menyadarkan orang itu serta mendorongnya untuk berhenti. Kemungkinan, ia sebetulnya sudah mengetahui jika tindakannya itu salah. Tetapi sebab sejauh ini tidak ada yang berani menyapa, pada akhirnya ia merasakan itu sah-sah saja.

Dengan kamu menyapa, ia akan sadar jika resiko perbuatannya tidak seremeh yang ia anggap. Orang lain merasakan dirugikan serta geram karena sikapnya itu. Dengan begitu, ia akan terdorong tidak untuk mengerjakannya .

Minimal, ia tidak akan meneruskannya saat itu hingga orang lain tidak terus dirugikan
Atau bisa saja, ia masih tidak punya niat untuk beralih walau telah ditegur. Di lain waktu, kemungkinan ia akan mengerjakannya , serta kamu pasti tidak akan tetap ada untuk memberinya teguran.

Tetapi tidak masalah, minimal peringatan darimu akan membuat tertekan untuk berhenti lakukan tindakan jeleknya, minimal untuk sekarang. Itu cukup sudah bagus kok agar beberapa orang seputar tidak terus menerus mendapat kerugian dikarenakan sikapnya.

Orang lain kemungkinan terdorong untuk ikut memberinya teguran
Terkadang, kemungkinan yang melihat satu orang lakukan tindakan buruk tidak cuma kamu. Beberapa orang di sekitarmu juga turut melihatnya. Tetapi kemungkinan mereka tidak melakukan tindakan apa-apa sebab takut, meskipun sebetulnya ia jengkel lihat sikapnya.

Nah, jika kamu berinisiatif menyapa, bisa saja beberapa orang itu akan terdorong untuk turut menyapa. Memang umumnya keberanian semakin lebih gampang timbul jika berkelompok. Karena itu jangan takut menyapa, kemungkinan orang-orang di sekitarmu akan memberi dukungan, kok.

Bila tidak ditegur, orang lain dapat ikut-ikutan
Sebaliknya, jika tindakan yang salah tidak ditegur, beberapa orang yang lihat justru dapat dampak jelek. Kamu kemungkinan seringkali lihat saat seorang pengendara kendaraan menyalahi ketentuan jalan raya, banyak pengendara lain jadi ikutan. Karena itu untuk menahan itu, harus ada seseorang yang berani menyapa agar keburukan itu berhenti.

Tidak perlu takut, si pelaku tidak akan marah jika kamu menegur baik-baik
Tetapi walau telah membaca 4 alasan di atas, kemungkinan kamu masih sangsi serta takut. Kecemasan paling besar umumnya ialah takut berkonflik. Takutnya saat kamu menyapa, justru justru si pelaku yang lebih galak dibanding kamu.

Jangan cemas, itu dapat dicegah kok. Belajarlah untuk memberi peringatan yang lembut namun tegas. Kamu dapat sekaligus mengatakan apa kerugian yang terkena orang lain jika ia terus lakukan hal tersebut. Bila kamu dapat menyapa secara baik, peluang orang itu tidak akan geram, justru kemungkinan mengucapkan terima kasih sebab sudah ditegur!

Itu beberapa fakta mengapa kamu harus berani menyapa orang yang melakukan perbuatan salah. Jangan takut, berilah peringatan agar orang lain serta kamu sendiri tidak dirugikan sebab kesalahan seseorang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *