Makanan-Makanan Yang Berkhasiat Membersihkan Usus Besar

Berita Terbaru Sebagai bagian dari sistem pencernaan, usus besar bertindak penting dalam mengolah sampah sisa-sisa makanan yang kita mengonsumsi. Di usus besar ada bakteri yang menolong merusak makanan supaya siap dieksresikan oleh badan. Bila organ ini dalam kondisi sehat, fungsi pembersihan badan juga baik.

Nah, supaya usus besar masih sehat, penting untuk memerhatikan makanan yang kamu mengonsumsi. Dikutip Healthline, makanan khusus bisa menolong bersihkan usus besar. Apa saja makanan yang dimaksud? Berikut beberapa salah satunya.

Makanan-Makanan Yang Berkhasiat Membersihkan Usus Besar

Ikan berlemak
Dalam riset yang diedarkan di jurnal Gut, diketemukan bukti jika pada individu yang mempunyai kanker kolorektal, mereka yang tingkatkan konsumsi omega 3 dari ikan berlemak seperti salmon serta sarden mempunyai efek kematian yang lebih rendah dibanding dengan mereka yang menghindarkan ikan. Ini sebab lemak omega 3 bisa hentikan perkembangan sel kanker serta mempromokan kematian sel kanker usus besar.

Oatmeal
Oatmeal memiliki kandungan serat, kalsium, serta vitamin D dalam jumlahnya tinggi, yang bagus untuk jaga skema pencernaan masih kerja secara baik serta menahan sembelit. Tapi bila kamu tidak terlatih dengan makanan kaya serat atau kalsium, konsumsi beberapa macam makanan yang tinggi serat dengan sekaligus juga bisa membuat masalah pencernaan berbentuk diare, kembung, atau sembelit.

Jadi, bila kamu merencanakan bersihkan usus besar melalui makanan, imbuhkan makanan memiliki serat ke menu makan harianmu dengan dikit demi sedikit.

Yogurt
Produk susu fermentasi seperti yogurt memiliki kandungan probiotik yang sehatkan usus. Menurut riset yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, mengonsumsi yogurt dalam jumlahnya yang banyak bisa kurangi efek kanker kolorektal sekitar 38 %.

Ditambah, probiotik yang disebut bakteri sehat dapat menolong kurangi gas yang disebabkan mengonsumsi kacang serta sayuran khusus. Serta buat kamu yang tidak dapat minum susu, yoghurt bisa saja minuman alternatif susu yang kemungkinan pas buat kamu.

Brokoli serta kembang kol
Banyak tipe sayuran yang disebut sumber serat paling baik. Dalam studi yang diedarkan oleh Nutrition and Cancer, temukan jika makan satu bagian sayuran hijau yang dibuat bisa turunkan efek kanker usus sebesar 24 % dibanding dengan mereka yang makan kurang dari jumlahnya itu.

Menurut The Healthy, langkah paling mudah untuk pastikan kamu konsumsi cukup serat dengan pastikan jika setiap saat makan, dua pertiga sisi dari makananmu ialah sayuran kaya serat, seperti brokoli, kembang kol, serta kangkung.

Beras merah
Kamu perlu mulai mengubah makanan yang tinggi karbohidrat simpel dengan biji-bijian utuh, seperti beras coklat, gandum, serta quinoa. Biji-bijian utuh ini kaya serat hingga jadi makanan yang ampuh bersihkan usus. Berdasarkan laporan dari Harvard T.H Chan School of Public Health pada 2017, makan tiga bagian biji-bijian ini setiap hari dapat turunkan efek kanker kolorektal sebesar 17 persen.

Kacang serta polong
Kacang serta polong termasuk juga sumber serat yang baik. Menurut The Healthy, beberapa orang yang memperoleh sumber serat dengan konsumsi kacang-kacangan serta polong-polongan mempunyai peluang 35 % lebih kecil untuk mempunyai polip usus, yakni sekumpulan kecil sel di susunan usus besar yang bisa bertumbuh menjadi kanker, dibanding dengan mereka yang cuma konsumsi sedikit kacang. Disamping itu, kacang memiliki kandungan phytochemical pelindung kanker.

Itu dia macam makanan yang bisa menolong membersihkan usus besar. Mengonsumsi satu atau gabungan dari makanan di atas untuk menahan penyakit pada pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *