Khasiat Dari Tai-Chi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berita Terbaru Siapa yang tidak paham tai-chi? Seni bela diri yang datang dari dataran Tiongkok ini seringkali dipraktikkan oleh kaum usia lanjut.

Belakangan ini, film bela diri asal Tiongkok, Ip Man 4: The Finale, yang dimainkan oleh Donnie Yen, memasukkan tai-chi sebagai pesaing terkuatnya (tidak hanya melibatkan Bruce Lee).

Sebetulnya, tai-chi ialah kependekan dari taiji quan (???). Taiji memvisualisasikan aliran yin serta yang, sesaat quan berarti kepalan tangan. Berdasarkan dari seni bela diri, tai-chi memakai pergerakan lambat serta aliran napas panjang.

Saat ini juga, banyak perguruan tai-chi berdiri di Indonesia yang mengandalkan embel-embel seperti “bela diri” dan “kesehatan” untuk menarik peminat.

Jika benar tai-chi bersifat menyehatkan, apa manfaat tai-chi untukmu? Yuk, cari tahu.

Khasiat Dari Tai-Chi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketenangan pikiran

Seperti bela diri Tiongkok yang lain, bila kamu ingin lakukan tai-chi secara benar, karena itu kamu harus melegakan pikiranmu dari semua permasalahan. Oleh karena itu, tanpa ada sadar, tai-chi menolong beberapa pengikutnya memperoleh ketenangan pemikiran.Menurut riset kombinasi yang dimuat pada Journal of Clinical Psychology pada 2017, tai-chi dapat dibuktikan menenangkan pikiran lebih baik dibanding latihan yang lain sebab menyertakan proses latihan pernafasan serta meditasi.Karena pemikiran tenang, tai-chi melakukan perbaikan perasaanmu.

Menurunkan berat tubuh
Itu dari sisi pemikiran. Bicara masalah praktik bela diri tidak lengkap tanpa ada manfaatnya untuk tubuh yang lebih baik. Tai-chi juga sama. Mengaplikasikan tai-chi dengan teratur akan merampingkan tubuh yang bergelambir.

Satu riset dari The Chinese University of Hong Kong pada 2015 mengetes dampak langsing tai-chi pada barisan yang ikuti kelas tai-chi lima kali satu minggu sepanjang 45 menit. Memang, dibanding bela diri yang lain, tai-chi tidak demikian efisien dalam turunkan berat tubuh.

Meningkatkan kesadaran diri
Riset kombinasi oleh periset Chiang Mai University di Thailand serta University of New South Wales di Australia pada 2018 ungkap manfaat tai-chi dalam menyembuhkan masalah kesadaran mudah yang terkena golongan manula.Hasilnya, tai-chi bisa menolong tingkatkan peranan kognitif serta jaga kualitas ingatan hingga menahan kepikunan.

Meningkatkan fungsi keseimbangan
Seandainya kamu pernah memerhatikan olahragawan tai-chi, tidak hanya pergerakan lamban, ada banyak pergerakan yang mewajibkan mereka berdiri di atas satu kaki. Hal itu memerlukan kesetimbangan serta pengaturan badan yang baik.

Itulah manfaat tai-chi lainnya, yakni melakukan perbaikan keseimbangan badan serta peranan motorik. Riset kombinasi oleh North Khorasan University of Medical Sciences serta University of Bojnord di Iran pada 2018 mengutarakan faedah tai-chi dalam melakukan perbaikan pengaturan badan kaum manula hingga mencegah potensi terjatuh atau cedera.

Dalam riset itu, setelah 16 minggu latihan tai-chi, kaum manula lebih sigap serta tidak gampang terjatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *