Virus-Virus Yang Sangat Berbahaya Dalam Sejarah Umat Manusia

Berita Terbaru Virus sudah jadi lawan bebuyutan manusia semenjak jaman dulu, sebelum peradaban jadi lebih kekinian seperti saat ini. Bagaimana tidak, makhluk mikroskopis itu sangat jahat.

Mereka dapat menyerang manusia kapan juga serta memunculkan beberapa penyakit, dari mulai yang mudah sampai fatal. Misalnya flu, batuk, TBC, demam berdarah, serta yang terbaru ialah virus corona.

Lalu virus apapun yang paling mematikan untuk manusia? Mari mengenal beberapa virus paling buruk serta kejam di bawah ini!

Virus-Virus Yang Sangat Berbahaya Dalam Sejarah Umat Manusia

Marburg
Sedikit yang tahu tipe virus ini mengingat dia mewabah pada tahun 1967, lebih dari 50 tahun yang kemarin. Wabah ke-2 berlangsung pada tahun 2005 tapi cuma di Angola, Afrika. Walau bagaimanapun, Marburg wajar untuk dikatakan sebagai salah satunya virus paling mematikan di dunia.

Marburg salah satu dari empat virus di dunia yang dapat membuat demam hemoragik. Mereka akan mengubah beberapa organ, mengakibatkan kerusakan pembuluh darah, dan membuat badan tidak dapat mengendalikan dirinya, menurut penjelasan MedlinePlus.

Lantas berapa berbahayakah virus yang satu ini? Tanda-tanda infeksi virus ini seperti dengan malaria, Ebola, serta tipus. Tetapi dengan intensif yang tambah tinggi. Berdasarkan penjelasan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tingkat kematian Marburg dapat sampai 90 %.

Ebola
Tidak lengkap rasanya mengulas virus mematikan di dunia tanpa ada mengikutsertakan Ebola. Penyakit yang pada tahun 2014 sampai 2016 menyerang masyarakat Afrika Barat ini sudah membunuh lebih dari 11 ribu orang di dunia. Tingkat kematiannya juga tinggi sekali, yakni sampai 90 %.

Seperti Marburg, Ebola terhitung penyakit demam hemoragik. Ciri uniknya ialah membuat pendarahan di luar serta di pada tubuh. Pasien akan keluarkan darah dari hidung, telinga, mulut, anus, serta mata.

Disamping itu, Ebola susah untuk sembuh. Sejauh ini, beberapa pakar cuma dapat menurunkan gejalanya saja, tanpa ada betul-betul membunuh virus yang berada di badan pasien. Tetapi pada 2019 lantas, telah ada beberapa pasien yang berhasil pulih sesudah menjalani penyembuhan dari World Health Organization (WHO).

Hantavirus
Hantavirus umumnya membuahkan tanda-tanda yang seperti dengan flu. Tetapi jangan salah, sesudah keadaan itu, pasien akan alami ketidakberhasilan organ pernafasan. Paru-paru terisi cairan sampai membuat kesusahan bernapas. Cuma dalam hitungan jam, pasien dapat wafat.

Virus yang satu ini memerlukan inang untuk dapat menebar ke manusia. Biasanya, hewan yang ditumpanginya ialah tikus. Penyebaran berlangsung lewat kontak dengan urine, saliva, serta kotoran hewan itu.

Rabies
Penyakit yang satu ini sama dengan anjing. Masalahnya hewan tersebutlah yang seringkali menularkan rabies ke manusia. Meskipun sebetulnya tikus, kucing, serta mamalia lain dapat juga jadi penghubung.

Tetapi tahukah kamu apa yang sebetulnya dikerjakan oleh rabies pada badan kita? Dikutip dari MDLinx, penyakit ini menyerang sistem saraf serta dapat merusak otak. Itu mengapa rabies dapat mengubah perilaku penderitanya. Menurut CDC, tingkat fatalitas penyakit ini sampai 100 %.

HIV
HIV ialah virus yang membuat pelemahan skema imun. Mengakibatkan, pasien juga rawan diserang semua tipe penyakit. Situs LiveScience menjelaskan jika minimal ada 36 juta orang yang wafat sebab virus yang satu ini.

Untungnya, HIV tidak segampang itu menyebar. Virus ini cuma dapat masuk lewat cairan badan. Contohnya darah, saliva, sperma, dan sel telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *