Seputar Info Unik Tentang Pohon Kakao

Berita Terbaru Valentine atau hari kasih sayang sama dengan sama-sama bertukar hadiah. Hadiah terbanyak diberi jika tidak boneka ialah cokelat. Bermacam-macam serta rasa cokelat dibikin demikian rupa dengan bungkus yang mengundang perhatian. Tetapi, sudah pernahkah terpikir asal-usul cokelat ini selanjutnya dapat dikonsumsi? Berikut penjelasan sedikit mengenai pohon kakao, bahan fundamen cokelat yang kamu makan waktu hari kasih sayang.

Seputar Info Unik Tentang Pohon Kakao

Tidak berbuah setelah 25 tahun
Kakao datang dari pohon kakao yang tidak banyak menyebar di penjuru dunia. Pohon kakao salah satu tipe pohon yang sulit untuk tumbuh. Kelembaban serta suhu jadi prioritas bila ingin membudidayakan pohon ini. Pohon yang mempunyai ketinggian 12-15 mtr. ini rawan pada penyakit. Tetapi bila dalam kondisi sehat, benih kakao dapat tumbuh serta dapat berbuah sepanjang 4 tahun. Walau bagaimanapun pohon kakao terhitung pohon yang cuma berbuah sepanjang 25 tahun saja.

Biji kakao sebagai mata uang
Ilmuwan setuju jika cokelat diketemukan pertama-tama pada tahun 250-900 M Mesoamerika oleh Suku Maya. Cokelat adalah minuman favorite Suku Maya sampai mereka menanam pohon kakao di belakang rumah. Minuman cokelat ini adalah minuman yang dipakai di hari penting seperti upacara pertunangan atau pernikahan.

Kemudian Suku Aztec sukses menguasai daerah kekuasaan Suku Maya. Dari sini Suku Aztec tahu utamanya nilai ekonomi dari pohon kakao ini. Serta biji kakao jadi mata uang untuk perdagangan. Contohnya untuk beli kalkun dapat mengganti dengan 200 biji kakao. Dari penjajahan serta perdagangan berikut biji kakao ini selanjutnya menebar di semua daerah. Baik di Eropa, Asia atau Amerika.

Beberapa macam kakao
Pohon kakao mempunyai 3 tipe penting yakni Criollo, Forastero serta Trinitario. Criollo ialah tipe kakao yang rasa-rasanya paling enak, aromanya manis, hampir tidak pahit. Polongnya berwarna kuning atau merah dengan benar-benar berlekuk serta berkutil. Sedang bijinya memiliki ukuran besar serta putih. Pohon kakao ini cuma 5-10 % dibuat di dunia. Antara negara yang menanam ialah Meksiko, Amerika Tengah, Venezuela, Madagaskar serta Indonesia.

Komposisi dasar coklat untuk dikonsumsi
Pada intinya cokelat dibagi jadi 3 tipe yakni dark cokelat, cokelat susu serta cokelat putih. Ketiga tipe cokelat itu mempunyai formasi yang berlainan hingga membuahkan rasa yang tidak sama. Jika dark chocolate mempunyai formasi pasta kakao 45 %, gula 45 %, cacao butter 10 %, susu bubuk 0 % serta kakao 55 %. Untuk cokelat susu terbagi dalam pasta kakao 10 %, gula 45 %, cacao butter 25 %, susu bubuk 20 % serta kakao 35 %. Sedang cokelat putih terbagi dalam pasta kakao 0 %, gula 45 %, cacao butter 30 %, susu bubuk 25 % serta kakao 30 %.

Manfaat kakao
Buah kakao tidak hanya enak diproses jadi cokelat batangan, nyatanya mempunyai manfaat yang lain. Salah satunya sumber lemak yang sehat, kurangi penyakit radiovaskular, peranan kognitif jadi naik, membuat lancar pencernaan, kurangi kerusakan gigi, menahan penuaan awal, kulit semakin cemerlang serta tingkatkan atau menyeimbangkan mood yang terkadang berubah-ubah. Disamping itu cocoa butter bermanfaat untuk kosmetik serta salep sedangkan kulit kakao adalah pakan ternak yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *