Trik Agar Sate Tidak Lengket Pada Waktu Proses Pembakaran

Berita Terbaru Sate adalah salah satunya kuliner classic andalannya Indonesia. Bermacam bahan juga bisa diproses jadi sate seperti sapi, ayam, kambing, telur puyuh, serta yang lain. Tetapi, dibalik kelezatannya, nyatanya proses pemrosesan sate termasuk tricky, lho. Khususnya waktu tahapan pembakaran, karena daging-daging yang telah dipotong kecil serta ditusuk dengan lidi itu justru rawan menempel pada alat pembakar. Eits, jangan cemas! Ini beberapa panduan untuk menyiasati hal itu.

Trik Agar Sate Tidak Lengket Pada Waktu Proses Pembakaran

Sebelum proses marinasi, tambahkanlah sedikit minyak pada bumbu sate itu
Sebelum memarinasi, tambahkanlah sedikit minyak pada bumbu sate. Minyak itu bisa berupa minyak goreng, minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak kedelai. Cocokkan takarannya dengan beberapa daging yang akan dipakai. Selanjutnya, biarlah 10-15 menit untuk dimarinasi. Maksudnya, supaya permukaan daging jadi ‘lebih basah’ hingga tidak gampang menempel pada alat pemanggang nantinya. Disamping itu, citarasa sate juga bisa lebih gurih dengan tekstur yang juicy.

Waktu proses pembakaran, berikan bumbu seperlunya pada sate
Berikan bumbu seperlunya waktu membakar sate, karena bumbu yang begitu tebal malah menyebabkan sate rawan lengket serta gosong. Disamping itu, sisa-sisa bumbu itu juga mempunyai potensi jatuh serta tinggalkan kerak pada alat pemanggang. Jika cemas cita rasa sate jadi kurang berasa sebab olesan bumbu yang tidak banyak, karena itu siasatilah dengan mengoptimalkan proses marinasi terlebih dulu sebelum membakar sate.

Waktu proses pembakaran, pastikan untuk membolak-balik sate seringkali
Waktu memanggang sate, yakinkan untuk membolak-baliknya seringkali supaya daging tidak gampang lengket pada alat pemanggang. Tidak itu saja, hal itu membuat sate mempunyai tingkat kematangan yang rata di ke-2 sisinya, dan dagingnya juga lebih memiliki tekstur juicy serta gurih waktu disantap nantinya.

Khusus alat panggang non-arang, lapisilah dengan aluminium foil terlebih dahulu
Sate bisa dibakar dengan alat pemanggang yang memakai arang atau non-arang. Terkhusus untuk non-arang, seharusnya lapisilah permukaan alat pemanggang itu memakai aluminium foil, lantas diamkan sampai permukaannya berasa cukup panas. Maksudnya, supaya sate tidak gampang gosong serta lengket walau nantinya dipanggang dalam waktu yang lumayan lama.

Teratur membersihkan alat panggang sebelum atau setelah membakar sate
Tidak cuma dari bumbu marinasi, kesedapan sate dikuasai oleh peranan alat panggang yang maksimal. Oleh karenanya, rutinlah bersihkan alat panggang seperti singkirkan kerak-kerak yang melekat pada tangkai besi panggangan karena tersisa bumbu waktu membakar sate. Disamping itu, sebelum memanggang, seharusnya berikan batang-batang besi itu dengan minyak terlebih dulu untuk lebih menekan kemungkinan daging sate jadi rentan lengket.

Yuk, coba buat sate sendiri di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *