Dampak Positif Dan Negatif Dari Stem Cell

Berita Terbaru Beberapa bulan terakhir, praktik stem cell atau sel punca menarik perhatian warga. Menurut berita yang tersebar, therapy ini bagus untuk kecantikan serta kesehatan pemakai. Biasanya, stem cell dimasukkan ke badan lewat transplantasi.

Tetapi sayang sekali, tren stem cell diikuti dengan banyaknya praktik bodong alias abal-abal. Polisi sudah menemukan beberapa klinik kecantikan palsu yang menawarkan terapi stem cell yang tidak sesuai ketentuan. Banyak orang yang terjerat sebab keterbatasan informasi tentang praktik kecantikan yang satu ini.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan stem cell? Manfaat apa yang akan dibawa untuk kecantikan serta apa aman? Baca penuturannya di bawah ini!

Dampak Positif Dan Negatif Dari Stem Cell

Apa yang dimaksud dengan stem cell?
Dikutip dari Mayo Clinic, sebetulnya stem cell atau sel punca ialah sel badan kita yang dapat merangsang sel lain untuk berperan secara baik. Dalam kondisi yang baik, mereka bisa terdiri untuk membuat sel baru yang dikatakan sebagai daughter cells (sel anak).

Lalu apa pengaruhnya pada badan kita? Sel anak yang dibuat lalu bisa menjadi stem cell baru atau menjadi sel lain dengan peranan yang detil. Contohnya sel darah, otak, jantung, tulang, kulit, dan sebagainya. Ketrampilan ini cuma dipunyai oleh stem cell, lho!

Praktik ini dilakukan dengan transplantasi
Bagaimana, sih, langkah praktik ini dikerjakan? Menurut sumber yang sama, stem cell ialah mekanisme yang menyertakan proses transplantasi. Jadi, sel yang rusak akan diambil serta diganti dengan stem cell baru.

Sel itu dapat datang dari beberapa sumber. Yang terbanyak digunakan ialah sel dari embrio, tali pusar (untuk wanita yang baru melahirkan), sumsum tulang, hewan, binatang, atau dari rekayasa genetis. Melihat kesukaran dari praktik ini, tidak semua rumah sakit dapat melakukannya.

Beritanya bisa menjadi skin care dengan khasiat dewa, benarkah?
Biasanya, stem cell memang dipakai sebagai praktik pengobatan. Dari mulai diabetes tipe 1, parkinson, penyakit jantung, stroke, kanker, radang sendi, sampai alzheimer dapat sembuh melalui terapi ini.Tetapi nyatanya stem cell dapat juga jadi praktik skin care yang mempunyai manfaat dewa. Beberapa artis dalam negeri mengerjakannya, lho! Lantas apa sebetulnya yang dilakukan stem cell pada kulit kita?

Mencuplik Dermstore, stem cell dapat memperbaiki sel kulit hingga kita tidak akan terlihat menua. Mereka akan memberi kelembapan, anti-oksidan, dan kolagen. Disamping itu, sel itu dapat juga membuat perlindungan kulit dari ancaman external, seperti cahaya UV, radikal bebas, dan sebagainya.

Kemungkinan terdengar biasa saja tapi kamu harus tahu jika manfaat stem cell dapat disebut benar-benar kuat bila dibanding dengan perawatan kulit yang lain. Manfaat peremajaan kulitnya dapat membuat kamu kelihatan menampik tua. Beberapa artis juga ikhlas merogoh kocek juta-an sampai miliaran untuk dapat memperoleh transplantasi ini.

Banyak klinik serta produk skin care yang memakai iming-iming stem cell
Sebab manfaat kecantikannya yang disukai, banyak klinik abal-abal yang memakai iming-iming stem cell. Walau sebenarnya stem cell yang mereka pakai abal-abal, palsu, atau serta didapat dengan ilegal.

Masih baik bila memang praktik itu dilakukan dengan skin care biasa, tanpa ada stem cell benar-benar. Sebagai permasalahan ialah saat sel punca itu diambil dari orang yang tidak jelas atau binatang.

Transplantasi sel dengan ilegal tanpa label dari BPOM dapat membahayakan pemakainya. Karena kita tidak tahu penyakit apa yang dapat dikandung stem cell abal-abal itu. Bukan itu saja, laboratorium sebaiknya ada dalam tempat yang steril supaya stem cell aman ditransplantasikan. Sementara praktik di klinik ilegal tidak penuhi ketentuan itu.

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan praktik ini?
Sebetulnya lakukan transplantasi stem cell itu sah-sah saja bila kamu mempunyai anggaran lebih untuk kecantikan. Tetapi kamu harus betul-betul tahu darimanakah sel itu berasal, di mana tempat penyimpanannya, sampai sekredibel apa dokter yang lakukan praktik itu.

Seharusnya hindari saja saat stem cell berasal dari hewan atau orang lain yang tidak kamu mengenal. Jauhi juga klinik yang menawarkan harga begitu murah dibawah pasaran.

Terakhir, janganlah sampai kamu tergiur harga yang murah. Kalau hasil tidak sesuai ekspektasi, kamu cuma bisa meratapinya. Maka dari itu, pertimbangkan baik-baik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *