Apa Saja Dampaknya Jika Bom Nuklir Diledakkan?

Berita Terbaru Senjata nuklir bisa disebutkan sebagai senjata pamungkas terhebat yang dipunyai manusia sekarang. Bayangkan saja, cukup dengan mempunyai tehnologi persenjataan nuklir yang mutahkir, satu negara bisa bertransformasi jadi kemampuan dunia yang tentu saja ditakuti oleh beberapa negara yang lain.

Namun, dengan kedahsyatan senjata nuklir ikut mengundang beberapa pro-kontra. Terdapat beberapa organisasi di dunia ini yang menampik dengan keras serta minta untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir untuk kelangsungan masa depan.

Lantas apa, sih bahaya dari senjata nuklir ini yang tiap ada berita uji cobanya bisa menghebohkan dunia? Di bawah ini beberapa efek yang akan langsung dirasa oleh manusia saat sebuah nuklir diledakkan di dekat mereka!

Apa Saja Dampaknya Jika Bom Nuklir Diledakkan?

Zona ledakan yang akan luluh lantak
Hal pertama yang akan berlangsung saat satu bom nuklir dijatuhkan di satu tempat ialah ledakan yang akan merusak segala hal yang berada di bawahnya.

Menurut situs Futurism, zone ledakan penting atau yang dinamakan fireball ini mempunyai radius 0.56 mil bila besar ledakan sampai 150 kiloton. Zona ini diikuti adanya nyala api super panas yang akan merusak bangunan, benda, atau makhluk hidup yang berada di bawahnya. Bisa dinyatakan buat manusia yang ada dalam zone ini tidak selamat dari efek langsung ledakan nuklir ini.

Zone radiasi yang akan membunuh banyak kehidupan di sekelilingnya
Senjata nuklir memiliki kandungan beberapa radiasi yang benar-benar intensif yang terdiri atas beberapa zat beresiko yang akan terlepas ke udara demikian dampak ledakan selesai.

Radiasi yang terlempar ke udara itu bisa memunculkan beberapa efek. Disebut pada situs International Campaign to Abolish Nuclear Weapon (ICANW), radiasi yang dibuat oleh ledakan nuklir bisa membunuh atau membuat badan manusia yang terkena jadi panas. Direncanakan sekitar 50 % atau lebih manusia akan mati bila ada di zona ini dalam periode waktu beberapa waktu atau minggu.

Ledakan udara yang akan menyapu bangunan dalam radius yang lebih jauh dari zone ledakan
Sama seperti dengan ledakan bom biasa, ledakan nuklir akan membuahkan ledakan udara atau shockwave yang akan menyapu apa saja yang ada di radiusnya dengan hempasan angin yang sangat cepat.

Dampak langsung yang bisa dirasa buat wilayah yang terpengaruh ledakan udara ini ialah robohnya bangunan, gendang telinga pecah, sampai kerusakan paru-paru. Namun, dampak dari ledakan udara ini cuma akan dirasa oleh beberapa orang yang ada di atas permukaan tanah, hingga buat orang yang bersembunyi di ruangan bawah tanah tidak alami efek ini.

Thermal radiation, panas berlebihan yang dapat membakar apa saja dalam radius yang benar-benar luas
Mirip dengan efek ledakan, tetapi dengan efek yang lebih kecil serta lebih luas jangkauannya. Efek langsung yang diakibatkan oleh ledakan nuklir ialah radiasi suhu panas atau thermal radiation.

Wilayah yang terpengaruh thermal radiation akan diselimuti oleh sinar ultraviolet yang akan membakar siapa saja dalam radius cahayanya. Selanjutnya, dampak pada kulit ialah cedera bakar tingkat tiga yang meluas ke semua susunan kulit yang seringkali tidak memunculkan rasa sakit sebab dia menyerang saraf rasa sakit, namun tinggalkan sisa cedera atau cacat yang benar-benar beresiko.

Masalah kesehatan manusia serta pencemaran lingkungan dalam jangka waktu panjang
Tidak cuma simpan bahaya instant, bom nuklir simpan beberapa efek periode panjang yang selanjutnya jadi satu pro-kontra buat semua negara di dunia.

Dampak periode panjang dari ledakan nuklir ialah permasalahan kesehatan berkelanjutan serta keruntuhan sekitar lingkungan. Sebagian besar orang yang terkena radiasi tidak bertahan, sedang yang selamat akan terserang beberapa penyakit membahayakan seperti kanker. Disamping itu, kerusakan genetik akan berlangsung yang selanjutnya akan memunculkan kecacatan buat yang terkena langsung atau keturunannya.

Sedang untuk kerusakan lingkungan, wilayah yang terserang radiasi nuklir tidak bisa ditempati oleh makhluk hidup dalam periode waktu beberapa puluh, serta beberapa ratus tahun. Perkembangan iklim juga bisa berlangsung saat itu juga setelah ledakan berlangsung.

Itu ia 5 hal yang akan terjadi bila terjadi ledakan bom nuklir. Mengerikan kan? Mudah-mudahan saja perang nuklir tidak pernah berlangsung atau serta senjata nuklir betul-betul dilarang supaya kita tak perlu menghadapi kemungkinan terburuk seperti yang disebut di atas, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *