Negara Mana Saja Yang Meminum Antibiotik Terbanyak Di Dunia?

Berita Terbaru Antibiotik adalah barisan obat-obatan yang umumnya dipakai untuk menangani infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik mempunyai banyak tipe sesuai peruntukannya.

Di dunia ini nyatanya ada beberapa negara yang masyarakatnya seringkali konsumsi antibiotik. Sebenarnya bukan karena penyakit, tetapi mereka konsumsi antibiotik untuk menahan infeksi bakteri berkepanjangan.

Berikut lima negara pengonsumsi antibiotik paling banyak di dunia, apa Indonesia terhitung? Dibaca, yuk!

Negara Mana Saja Yang Meminum Antibiotik Terbanyak Di Dunia?

Turki
Turki adalah salah satunya negara pengonsumsi antibiotik paling banyak di dunia, serta jadi yang paling tinggi di Eropa, seperti dicatat dalam Hurriyetdailynews.com.

Menurut WHO, Turki mempunyai tingkat mengonsumsi tinggi pada antibiotik. Negara berpenduduk 80 juta jiwa ini mempunyai indeks mengonsumsi sekitar 38,18 DDD (defined daily doses) per 1000 masyarakat.

Tingginya pemakaian antibiotik di Turki membuat banyak masalah medis di Turki yang terkait dengan resistensi bakteri pada antibiotik.

Amerika Serikat
Negara maju Amerika Serikat adalah salah satunya negara dengan tingkat mengonsumsi antibiotik yang lumayan tinggi. Walau alami penurunan sebesar 5 %, namun saja mengonsumsi antibiotik di negeri Paman Sam ini termasuk tinggi.

CDC mencatat jika semenjak 2006 dan sebagainya ada penambahan pemakaian antibiotik sekitar 40 %. Walau sebenarnya sekitar 30 % dari keseluruhan antibiotik yang diresepkan di Amerika Serikat tidak betul-betul diperlukan oleh pasien.

Tanzania
Negara yang terdapat di benua Afrika sisi Timur ini adalah salah satunya negara pengonsumsi antibiotik paling tinggi di dunia.

Dengan indeks sampai 27,29 DDD per 1000 masyarakat, Tanzania menjadi negara dengan tingkat mengonsumsi antibiotik tertinggi di benua hitam.

Iran
Situs berita Tehrantimes.com tuliskan jika Iran masuk dua besar negara pengonsumsi antibiotik paling banyak di dunia. Iran mempunyai indeks sebesar 38,78 DDD per 1000 masyarakat.

Tipe antibiotik yang terbanyak dikonsumsi di Iran ialah penisilin, yaitu sekitar 33 % dari keseluruhan antibiotik yang dikonsumsi di Iran.

Peneltian yang dicatat mengaitkan jika lebih dari 90 % antibiotik yang dikonsumsi di Iran ialah antibiotik oral.

Mongolia
Negara pengonsumsi antibiotik paling banyak di dunia dikukuhkan pada Mongolia. Ya, menurut Reuters.com, tertera oleh WHO jika Mongolia mempunyai indeks mengonsumsi sebesar 64,41 DDD per 1000 masyarakat, serta itu berarti yang paling tinggi di dunia.

Pasti bukan satu rekor yang bagus buat negara berpenduduk seputar 3 juta jiwa itu. Ini memberikan indikasi jika umumnya masyarakat di Mongolia benar-benar tergantung pada obat-obatan jenis antibiotik.

Itulah lima negara pengonsumsi antibiotik paling banyak di dunia. Mudah-mudahan bisa meningkatkan wacana serta pengetahuan kamu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *