Jenis-Jenis Warna Dahak Yang Mengindefikasikan Penyakit Yang Dialami

Berita Terbaru Dahak ialah tipe lendir yang dibuat di dada dengan konstan, bukan hanya saat sakit. Manfaatnya ialah membuat perlindungan sisi dalam pernafasan dari partikel asing. Saat penyakit menyerang, jumlahnya dahak bisa menjadi lebih banyak serta dapat tersangkut di tenggorokan.

Kamu pasti pernah memperhatikan dahak yang kamu mengeluarkan kan? Cairan itu mempunyai warna yang berbeda-beda. Ini mengisyaratkan tipe penyakit apa yang sedang kamu derita. Di bawah ini penjelasan tiap warnanya.

Jenis-Jenis Warna Dahak Yang Mengindefikasikan Penyakit Yang Dialami

Bening
Dahak bening memiliki kandungan protein, air, anti-bodi, serta garam yang gampang larut. Ini mengisyaratkan jika tubuhmu normal tanpa ada penyakit apa saja.

Biasanya dahak bening tidak keluar dari badan. Sesudah dibuat, dia akan turun ke sisi bawah tenggorokan serta tertelan oleh badan.

Putih
Dahak yang berwarna putih umumnya mengisyaratkan terdapatnya beberapa penyakit. Yang pertama ialah bronkitis virus, yakni infeksi pada aliran pernafasan penting dari paru-paru (bronkus).

Dahak putih memberikan indikasi penyakit asam lambung (GERD) serta tidak berhasil jantung kongestif. Ketahui tanda-tanda yang menyertainya supaya kamu pahami penyakit apa yang sedang kamu terkena.

Kuning
Dahak kuning mengisyaratkan jika sel imun sedang kerja pada pusat dari infeksi atau inflamasi. Waktu itu, sel darah putih repot menantang beberapa sel pemicu penyakit.

Mereka pada akhirnya bersatu dengan dahak serta beralih warna menjadi kekuningan. Biasanya dahak berwarna kuning mengisyaratkan kamu sedang mempunyai penyakit bronkitis, pneumonia, sinusitis, serta cystic fibrosis.

Hijau
Warna hijau memberikan indikasi tanggapan selanjutnya dari skema imun badan. Percampuran di antara sel darah putih, penyakit, sel lain, serta protein membuat warna hijau pada dahak.

Walau menandakan infeksi, kamu tidak selamanya memerlukan antibiotik. Karena bila tidak diperlukan, antibiotik bisa menyerang balik tubuhmu. Bila dahak hijau dibarengi dengan susahnya bernapas, sakit pada dada, atau batuk berdarah, selekasnya kunjungi dokter.

Merah atau pink
Seperti yang kamu sangka, warna merah datang dari darah yang tercampur dalam dahak. Darah umumnya datang dari cedera atau radang pada saluran pernafasan. Serta batuk yang begitu kencang juga dapat membuat pembuluh darah kecil di paru-paru pecah serta pada akhirnya bersatu dengan dahak.

Tetapi bila kebanyakan darah yang keluar, bisa jadi ada penyakit serius yang mengakibatkannya. Contohnya pneumonia, tuberkulosis, atau kanker paru-paru.

Cokelat
Dahak berwarna cokelat bisa memberikan indikasi peluang pendarahan yang berlangsung beberapa waktu sebelumnya. Tidak sama dengan dahak merah atau pink yang mengisyaratkan jika darah itu masih fresh. Umumnya dahak ini dikarenakan oleh pneumonia bakteri, bronkitis bakteri, cystic fibrosis, serta abses paru-paru.

Hitam
Dahak hitam disebutkan melanoptysis. Bila kamu keluarkan tipe dahak ini, ada peluang jika kamu sudah hirup zat yang berwarna hitam seperti arang. Disamping itu, hal ini bermakna jika tubuhmu alami infeksi sebab jamur, karena merokok, atau pneumoconiosis.

Dengan mengetahui warna dahak, kamu dapat tahu apa penanganan yang seharusnya kamu lakukan . Ketahui tanda-tanda yang menyertainya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *