Apakah Tempe Busuk Masih Bisa Dipakai?

Berita Terbaru Tempe busuk buat beberapa orang memang menjijikkan. Tetapi nantikan dahulu, untuk yang telah tahu manfaatnya tentu tidak rela dibuang, nih! Bahkan beberapa orang sengaja mencari tempe busuk untuk diproses, lho!

Nah, meskipun namanya tempe busuk tetapi tempe ini sebetulnya tidak alami pembusukan, namun alami proses fermentasi kelanjutan. Untuk kandungan gizi dalam tempe busuk mempunyai anti-oksidan berbentuk genistein yang lumayan tinggi, lho! Jadi untuk kamu yang tidak ingin berlebihan sama makanan satu ini, dapat coba 6 inspirasi kreatif memanfaatkan tempe busuk seperti berikut ini.

Apakah Tempe Busuk Masih Bisa Dipakai?

Olah tempe busuk menjadi kecap
Memanfaatkan tempe busuk menjadi kecap mempunyai nilai ekonomis serta nilai buat yang baik. Sebab tempe busuk yang umumnya terbuang sia-sia, sekarang bisa diproses menjadi kecap, lho!

Kandungan gizi kecap ini juga tidak kalah hebat dibandingkan yang dibuat dari kedelai murni. Sebab kecap yang dibuat dari tempe busuk ini memiliki kandungan anti-oksidan yang tambah tinggi dibandingkan kecap yang biasa, lho! Membuat kecap dari tempe ini juga gampang cukup dengan memberikan tambahan gula, ketumbar, lengkuas, daun salam, garam, serta penyedap rasa dalam membuatnya. Cita rasa yang dibuat kecap ini akan tidak sama dari kecap biasa, lho!

Membuat sambal dari tempe busuk
Beberapa orang dari warga Jawa umumnya memproses tempe busuk jadi sambal. Olahan yang satu ini umumnya diketahui dengan panggilan sambal tumpang. Sajian yang satu ini populer dari Jawa.

Untuk kelezatan sambal tumpang ini diperlukan tempe busuk yang tingkat kebusukannya cocok, janganlah sampai begitu busuk dan begitu baru membusuk. Untuk membuatnya juga simpel, cuma memerlukan cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, daun salam, gula, garam, lho!

Manfaatkan tempe busuk sebagai pupuk
Senang budidaya tanaman? Coba gunakan tempe busuk untuk pengerjaan pupuk yang bisa menyuburkan tanah sekaligus juga tanamanmu. Ini dapat mengirit pengeluaran uang untuk beli pupuk sekaligus juga menyuburkan tanah di rumahmu, lho!

Dalam membuatnya yang benar-benar gampang ini juga cuma memerlukan air sumur, gula Jawa, serta tempe busuk. Meskipun berkesan disepelekan tetapi manfaat pupuk memiliki bahan ini dapat menahan dampak gas rumah kaca, nih!

Buatlah tempe busuk sebagai bahan masakan sayur
Tempe busuk buat sebagian orang digunakan jadi olahan sayur. Salah satunya yang populer yakni sayur tempe bosok khas Pati.

Nah, dalam membuatnya juga sama dengan masakan sayur lain. Dengan memakai bumbu-bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, salam, sereh, kencur, daun jeruk dan penambahan santan. Walau dari tempe busuk, tapi masakan yang satu ini masih enak serta bergizi, lho!

Jadikan tempe busuk jadi penyedap rasa
Tempe busuk memang mempunyai aroma menusuk. Karena itu sebagian orang manfaatkan tempe busuk jadi penyedap dalam masakan sayur, lho!

Sebagian orang memakai tempe busuk jadi alternatif MSG. Serta biasanya tempe busuk ini dipakai jadi penyedap masakan sayur lodeh. Untuk yang ingin tahu rasa-rasanya, dapat coba sendiri di dalam rumah semasing ya!

Gunakan tempe busuk jadi umpan memancing
Bikin yang hobi mancing, dapat coba pakai tempe busuk untuk jadikan umpan mancing, nih! Dengan memakai umpan tempe busuk dipercaya benar-benar ampuh untuk memancing ikan sejenis ikan putihan, nilem, mas, wader, dan lain-lain.

Nah, langkah membuatnya juga benar-benar simpel. Cukup lumatkan tempe busuk dengan kombinasi tepung terigu serta kuning telor. Pas untuk yang menyukai memancing, supaya tempe busuk tidak terbuang serta jadi berlebihan, lho!

Nah, itu beberapa inspirasi kreatif dalam memanfaatkan tempe busuk, dijamin jadi lebih berguna serta berharga, lho! Kamu tertarik untuk coba yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *