Bagaimana Strategi Menurunkan Darah Tinggi?

Berita Terbaru Darah tinggi menjadi permasalahan yang banyak terkena oleh beberapa orang. Menurut data dari Kementerian Kesehatan di tahun 2016, ada 63.309.620 kasus hipertensi di Indonesia. Belum juga, kematian sekitar 427 ribu kasus karena hipertensi.

Kamu mempunyai hipertensi? Merasakan cemas serta ingin turunkan tekanan darah? Nah, kesempatan ini Hostcoremedia kasih info kesehatan yang menarik mengenai tipsatau langkah turunkan darah tinggi dengan cara yang simpel, disamping itu ampuh lho!

Menjadi tambah ingin tahu, turuti yuk beberapa langkah sedetailnya berikut ini! Coba ikuti beberapa langkah simpel ini, siapa tahu sukses!

Bagaimana Strategi Menurunkan Darah Tinggi?

Coba berjalan kaki serta olahraga teratur
Dapat disebut, berikut langkah simpel yang tidak keluarkan uang sepeser juga. Olahraga ialah langkah paling mudah yang dapat dikerjakan untuk turunkan tekanan darah. Olahraga dengan teratur membuat jantung lebih kuat, lebih efektif dalam memompa darah dan turunkan desakan pada arteri, papar situs Medical News Today.

Kenyataannya, 150 menit berjalan kaki atau 75 menit lari tiap minggunya dapat menolong turunkan tekanan darah serta sehatkan jantung. Kamu dapat juga mencicilnya dengan olahraga mudah 30 menit dalam satu hari.

Mengurangi mengonsumsi garam
Garam ialah lawan terbesar buat kita yang menanggung derita hipertensi. Kadang, ada kandungan garam yang tersembunyi tanpa ada kita ketahui, sama dengan makanan paket. Walau sebenarnya, telah sejak dari lama riset memperlihatkan keterikatan garam dengan penyakit tekanan darah tinggi, jelas situs Medical News Today.

Bukan itu saja, garam terkait dengan penyakit jantung serta stroke. Coba batasi mengonsumsi garam optimal cuma 1,5 – 2,3 gr dalam satu hari, jelas situs Mayo Clinic. Disamping itu, jauhi mengonsumsi makanan olahan seperti makanan ringan serta baca dengan jeli cap makanan untuk tahu berapakah kandungan garam pada makanan itu.

Makan makin banyak makanan yang memiliki kandungan kalium
Siapa kira jika makanan yang tinggi kalium dapat menolong turunkan tekanan darah? Kenyataannya, makanan tinggi kalium dapat menolong keluarkan kandungan garam berlebihan dari badan serta turunkan tekanan darah, tegas situs Medical News Today.

Ingin mencoba? Di bawah ini ialah daftar makanan yang tinggi kalium:

-Kacang pistachio (1.025 mg kalium per 100 gr)
-Dark chocolate (765 mg kalium per 100 gr)
-Kacang almond (733 mg kalium per 100 gr)
-Kacang mede (660 mg kalium per 100 gr)
-Sotong (637 mg kalium per 100 gr)
-Gurita (630 mg kalium per 100 gr)
-Kerang (628 mg kalium per 100 gr)
-Buah alpukat (485 mg kalium per 100 gr)
-Buah pisang (358 mg kalium per 100 gr)

Kurangi mengonsumsi kafein
Rupanya, mengonsumsi kopi bisa membuat tekanan darah bertambah. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan tekanan darah. Dampaknya semakin lebih kuat pada beberapa orang yang tidak mengkonsumsinya dengan teratur.

Walau bisa meningkatkan tekanan darah dengan instant, tetapi dampak ini tidak tahan lama, papar situs Medical News Today. Menurut situs Health Line, dampak cafein ini cuma akan bertahan sepanjang 3 jam saja serta tekanan darah akan makin lama makin normal sesudahnya.

Mengurangi berat tubuh
Bila kamu kelebihan berat tubuh, kurangi atau turunkan berat tubuh dapat memberikan perkembangan relevan pada kesehatan jantung. Berdasar riset, kehilangan 5 % dari massa badan dapat turunkan tekanan darah dengan relevan, papar Medical News Today.

Disamping itu, bila kita kehilangan 7,7 kg dari berat badan dapat membuat penurunan tekanan darah sistolik sekitar 8,5 mm Hg serta desakan diastolik sekitar 6,5 mm Hg. Jadi pengingat, tekanan darah normal ada di rata-rata angka 120/80 sampai 140/90.

Berhenti merokok dapat turunkan tekanan darah!
Seperti yang kita tahu, merokok mempunyai segudang permasalahan jelek pada kesehatan. Contohnya tingkatkan efek penyakit jantung, kanker paru-paru, kemandulan, stroke, diabetes sampai permasalahan pada janin buat wanita hamil.

Tiap kepulan asap rokok membuat penambahan tekanan darah sesaat, jelas situs Medical News Today.

Disamping itu, zat kimia dalam rokok dapat juga mengakibatkan kerusakan pembuluh darah. Bukan itu saja, merokok dapat juga membuat permasalahan kardiovaskular. Jadi, masih mencari alasan untuk merokok? Think again, please!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *