Ciri-Ciri Saluran Kemihmu Sedang Terkena Infeksi

Berita Terbaru Seringkali, kita merasai ada suatu hal yang tidak beres dengan organ perkemihan. Saat ada permasalahan waktu buang air kecil, ini membuat badan kita merasakan benar-benar tidak nyaman.

Persoalan ini tidak dapat dipandang remeh. Bila dibiarkan terus-terusan dapat menyebabkan berlangsungnya kerusakan ginjal. Berdasar guideline penatalaksanaan aliran kemih Ikatan Pakar Urologi Indonesia (IAUI, 2015) ada tujuh sinyal jika alat perkemihan kita sedang terinfeksi. Cepatlah berobat ke dokter bila kamu merasakan beberapa gejala berikut.

Ciri-Ciri Saluran Kemihmu Sedang Terkena Infeksi

Rasa sakit saat berkemih
Dalam Istilah medis, keadaan ini dinamakan dengan dysuria. Dalam arti pemula, seringkali disebutkan dengan anyang-anyangan. Perasaan ngilu waktu kencing bisa berlangsung karena terdapatnya infeksi di aliran perkemihan.

Saat berkemih, pancaran urine membuat rongga aliran kemih yang meradang tertekan hingga memunculkan rasa ngilu serta rasa terbakar. Serta, dalam jurnal American Family Physician pada 2015 disebut jika pasien bisa merasai seperti disengat saat kosongkan kandung kemih.

Dorongan tidak tertahankan untuk berkemih
Sudah pernahkah kita mendadak tiba-tiba ingin buang air kecil dengan mendadak? Perasaan tidak tertahankan berikut yang disebutkan dengan urgensi dalam arti urologi. Perasaan ingin berkemih ini kadang tidak harus dipacu sebab penuhnya kandung kemih, serta pasien masih ingin berkemih walaupun pada akhirnya cuma keluar beberapa tetes air kencing saja.

Urgensi dapat dibarengi dengan rasa sakit waktu meredam kencing. Urgensi adalah sinyal iritatif pada pasien dengan infeksi aliran kemih (ISK).

Sering ke toilet
Salah satunya sinyal dari ISK adalah bertambahnya frekwensi untuk berkemih. Pasien umumnya seringkali ke arah kamar kecil untuk berkemih dalam kurun waktu yang tidak lama. Dikutip Healthy Bladder Guide NHS London, bila bolak-balik ke kamar mandi lebih dari tujuh kali dalam satu hari, kita butuh siaga pada tanda-tanda ISK ini.

Jika kamu terkena tanda-tanda ini serta seringkali melancong, harus berhati-hati, ya. Janganlah sampai justru meredam kencing kelamaan sebab akan jadi memperburuk penyakitnya. Seharusnya, masih luangkan untuk berhenti di toilet umum serta selekasnya buang air kecil.

Seringkali terbangun waktu malam untuk berkemih
Sudah pernahkah kamu terjaga waktu malam hari untuk kencing? Apa hal itu berlangsung lebih dari dua kali tadi malam? Bila ya, itu bermakna terhitung nokturia. Nokturia datang dari bahasa Latin nox yang bermakna ‘malam’ serta bahasa Yunani uria yang bermakna ‘kencing’.

Nokturia dapat diikuti dengan terbangunnya kita waktu malam lebih dari dua kali untuk berkemih. Dikutip MedlinePlus, orang normal umumnya bisa tidur 6-8 jam tanpa ada ingin buang air kecil.

Kencing tidak keluar
Penyimpanan urine adalah satu keadaan kesusahan untuk mengosongkan kandung kemih. Dalam masalah ISK, penyimpanan urine bisa berlangsung jika telah alami komplikasi infeksi aliran kemih.

Saluran kemih yang meradang dalam tempo lama dapat membuat berlangsungnya jaringan parut pada aliran kemih serta menghalangi keluarnya air kencing.

Bila terjadi tanda-tanda ini, kamu tentu merasakan benar-benar tidak kerasan serta resah sebab ingin buang air kecil, tetapi tidak dapat. Aksi pertama untuk mengatasi ini adalah pemasangan kateter (selang) pada aliran kemihmu supaya urine bisa selekasnya keluar.

Kencing berdarah
Saat kencing keluarkan darah, ini adalah keadaan genting. Pasien harus selekasnya berobat ke dokter untuk dicheck selanjutnya. Hematuri ialah satu keadaan waktu air seni yang dikeluarkan bersatu dengan darah.

Bila dalam urine kelihatan jelas dengan mata ini disebutkan gross hematuria atau hematuria makroskopik. Terkadang, ada pula suatu keadaan saat terdapat darah di air kencing yang tidak kelihatan oleh mata atau cuma dapat kelihatan dengan mikroskop (hematuria mikroskopik).

Kencing bernanah
Pyuria adalah satu keadaan berkemih dibarengi nanah atau sel darah putih yang sudah mati. Keluarnya nanah dari ujung aliran kemih bisa diketahui saat memencet atau memijat alat penting.

Kencing bernanah seringkali berlangsung pada infeksi yang dikarenakan oleh penyakit menyebar seksual (PMS), seperti gonorrhea, sifilis, chlamydia, serta trikomoniasis.

Bila kamu merasakan keadaan ini, selekasnya bawa diri ke dokter serta jangan berhubungan seksual terlebih dulu sebab bisa menularkan penyakit ke pasanganmu. Jadi, jangan malu-malu untuk selekasnya berobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *