Tanaman-Tanaman Yang Bisa Menyegarkan Rumah

Berita Terbaru Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami pencemaran udara terburuk .Diketahui jika tiap tahunnya kendaraan bermotor bertambah 15 persen. Hal itu memberikan sumbangan polusi udara mencapai 70 persen di area perkotaan.

Mengingat polusi udara memiliki banyak komponen kimiawi beracun bagi tubuh, seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, methane, sulfur dioksida, dan lainnya, tentu saja hal ini bisa memberikan penyakit pada tubuh. Infeksi saluran pernapasan adalah penyakit paling umum dari masalah ini. Tapi risiko terkena penyakit macam ini bisa dikurangi. Salah satu caranya dengan menanam banyak tumbuhan.

Diketahui jika fase fotosintesis tumbuhan mampu mengubah senyawa beracun, khususnya karbon dioksida, menjadi oksigen. Peningkatan kadar oksigen di udara bisa membawa banyak manfaat. Mulai dari menurunkan suhu udara hingga membuatmu bisa bernapas lebih lega.

Tentu saja kamu tidak perlu menanam pohon-pohon besar untuk mendapatkan hal tersebut. Cukup menanam tumbuhan dalam rumah saja terlebih dahulu. Berikut tanaman-tanaman yang bisa menyegarkan rumahmu :

Tanaman-Tanaman Yang Bisa Menyegarkan Rumah

Sirih gading
Tanaman paling umum untuk ditanam dalam rumah. Sirih gading mudah ditanam dan tidak mudah mati, sehingga kamu yang tidak punya bakat bercocok tanam pun bisa memiliki tumbuhan dalam rumah.

English ivy
English ivy memiliki kemampuan untuk memurnikan udara dalam ruangan serta menyerap jamur yang ada di udara. Itu membuat ruanganmu tak hanya segar, tapi juga tidak lembap.

Paku pedang
Paku pedang mudah dirawat dan terkenal kuat memberikan udara. Tanaman ini masuk dalam daftar NASA sebagai salah satu tanaman yang menyingkirkan komponen berbahaya macam asap rokok dan formaldehyde.

Peace Lily
Peace Lily dikatakan memiliki kemampuan untuk memecah senyawa karbon monoksida, formaldehyde dan bensol. Namun untuk memelihara bunga ini kamu perlu cahaya matahari alami.

Lidah buaya
Banyak manfaat dari lidah buaya. Salah satunya adalah membersihkan udara ruangan. Lebih dari itu, lidah buaya bisa kamu gunakan untuk merawat kulitmu yang terkena sengatan matahari.

Lidah mertua
Atau sanseviera. Lidah mertua banyak mengisap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Lebih dari itu, lidah mertua juga bisa menghilangkan xylene, toluene, dan trichloroethylene di udara.

Herbras
Dikatakan herbras adalah tanaman yang paling jitu untuk menyingkirkan benzol di udara menurut NASA. Lung Institute menambahkan jika tanaman ini cocok diletakkan di kamar tidur karena mampu membuat nyenyak tidur seseorang yang memiliki sindrom sleep apnea.

Azalea
Selain cantik, kemampuannya untuk menyerap formaldehyde yang biasa terdapat pada antiseptik dan obat-obatan kimiawi laboratorium ini sangat berguna untuk memberikan kesegaran ruanganmu.

Dracaena
Ini adalah tanaman yang biasa ada di perkantoran atau perumahan. NASA memberikan pernyataan jika tanaman ini adalah tanaman nomor satu untuk penyerapan komponen formadehyde. Tumbuhnya lama, tapi tidak terlalu rewel untuk dirawat.

Tanaman sangat penting untuk ada di rumahmu. Tidak hanya sekadar tanaman hias, tetapi mereka bisa memberikan kesegaran udara sekaligus visual untukmu yang mana bagus untuk kesehatan fisik maupun mental. Yuk mulai sekarang lengkapi rumahmu dengan tanaman segar !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *