Tips Minum Air Putih Yang Benar Ketika Olahraga

Berita Terbaru Umumnya tubuh yang mengalami kelelahan perlu disegarkan kembali dengan minum air. Suhu tubuh normal orang dewasa yang berkisar antara 36° – 37° bakal naik saat kamu melakukan aktivitas fisik. Dan dengan alami , tubuh bakal melakukan proses pelepasan suhu panas dengan cara berkeringat.

Semakin banyak keringat yang keluar, semakin banyak pula cairan tubuh yang berkurang. Itulah mengapa kamu perlu menjaga keseimbangan cairan tubuh saat mau berolahraga. Tapi air yang dikonsumsi saat olahraga ternyata ada aturannya lho! Berikut anjuran yang tepat dari laman American College of Sport Medicine agar kamu tidak asal minum :

Tips Minum Air Putih Yang Benar Ketika Olahraga

Minum saat sepuluh menit sebelum olahraga
Jangan salah, nyeri atau kram otot saat berolahraga gak hanya disebabkan karena kurangnya pemanasan tubuh di awal, tapi bisa juga disebabkan karena tubuhmu kurang cairan. Minumlah asupan air secara teratur. Para ahli menganjurkan konsumsi air putih setengah liter sekitar 4 jam sebelum berolahraga.

Setelah 2 jam, sebaiknya kamu minum lagi sebanyak 3-5ml/kg berat badan. Misal, berat badanmu 60kg, maka minumlah sekitar 180-300ml. Setelah itu berilah jeda 10-15 menit sebelum memulai latihan fisik untuk minum air sebanyak 250-300ml.

Minum saat berolahraga
Saat olahraga berlangsung, kebutuhan cairan tubuh juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu dehidrasi karena terlalu semangat latihan dan lupa minum air. Berilah jeda setelah 20 menit untuk minum air putih sekitar 100-250ml supaya cairan tubuhmu tetap seimbang dengan keringat yang dikeluarkan.

Durasi dan intensitas olahraga juga berpengaruh pada kebutuhan cairanmu. Kalau jam olahragamu lebih dari 60 menit, kamu dianjurkan untuk konsumsi minuman penambah energi (sport drink). Jenis olahraga dengan intensitas berat misalnya, lari cepat, olahraga permainan dan angkat beban.

Minum usai olahraga
Setelah latihan fisik, coba kamu timbang kembali berat badan. Jangan salah lho, berkurangnya berat badan usai olahraga bukan indikasi kalau lemakmu berkurang, melainkan berkurangnya cairan tubuh. Kamu bisa mengganti asupan cairan dengan kembali minum air putih dengan takaran sekitar 600-700ml untuk setiap setengah kilogram berat badanmu yang berkurang. Minumlah sedikit demi sedikit sampai berat badanmu kembali angka semula.

Ganti minuman isotonik dengan air madu
Setelah olahraga, kamu pasti merasa capek dan kehilangan energi, sebab keringat yang dikeluarkan juga membawa mineral-mineral penting dalam tubuh. Tak hanya itu, kadar gula dalam tubuh pun terbakar menjadi energi. Level gula yang menurun inilah penyebab tubuh membutuhkan minuman manis setelah berolahraga.

Boleh saja mengonsumsi minuman isotonik saat olahraga berat, tapi cairan jenis ini gak dianjurkan untuk diminum terlalu banyak. Minuman berenergi mempunyai efek samping kurang baik buat lambung dan ginjal. Kamu bisa menggantinya dengan air madu alami yang kaya manfaat. Mineral yang terkandung dalam madu adalah sumber ideal bagi tubuh karena jumlah mineralnya mendekati level yang terdapat dalam darah manusia.

Jauhi meminum air es usai olahraga
Dalam kondisi suhu tubuh yang panas usai berolahraga, minum air bertabur es memang sangat menggoda. Tapi kebiasaan ini sebaiknya kamu hindari deh, sebab punya dampak kurang baik bagi tubuh. Berdasarkan penjelasan para ahli kesehatan dari Texas Heart Institute, air es akan sulit diserap tubuh sebab tubuh punya suhu optimal untuk menyerap air.

Sebaiknya, minumlah air dingin biasa dengan suhu ruangan sebab air bersuhu normal bisa mengaliri lambung dan usus halus dengan cepat dan terserap maksimal oleh tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *