Tips-Tips Melatih Paru-Paru Agar Tidak Mudah Sakit

Berita Terbaru Sebagian orang kadang menyepelekan kesehatan paru-paru hingga akhirnya mengalami masalah pernapasan yang membuat tubuh terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Padahal sebagaimana organ tubuh lain, paru-paru juga membutuhkan perawatan dan perhatian sehari-hari.

Proses pernapasan berperan dalam memasok oksigen ke setiap bagian sel dalam tubuh. Tanpa oksigen yang cukup, tubuh menjadi lebih rentan terkena masalah kesehatan, khususnya yang terkait dengan pernapasan. Untuk itu, kita perlu meningkatkan kekuatan dan kesehatan paru-paru melalui beberapa cara sederhana berikut ini. Berikut kiat-kiatnya :

Tips-Tips Melatih Paru-Paru Agar Tidak Mudah Sakit

Latih pernapasan diafragma
Pernapasan diafragma, atau pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan diafragma. Teknik ini sangat membantu orang dengan penyakit paru obstruktif kronik karena dapat memperkuat diafragma. Teknik ini paling baik dipraktikkan saat sedang merasa rileks. Bagi orang dengan penyakit paru obstruktif kronik, sebaiknya minta dokter atau terapis pernapasan untuk menunjukkan cara mempraktikkan latihan ini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sebagaimana yang diungkapkan COPD Foundation, inilah kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk melatih pernapasan diafragma:

-Duduk atau berbaring dan rilekskan bahu
-Letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada.
-Tarik napas melalui hidung selama dua detik, rasakan udara bergerak ke perut dan rasakan perut bergerak keluar. Perut harus lebih banyak bergerak daripada dada.
-Tarik napas selama dua detik melalui bibir yang mengerucut sambil menekan perut.
-Ulangi beberapa kali.

Menarik napas yang dalam
Napas dalam dapat membantu kamu mencapai kapasitas penuh paru-paru. Tarik napas perlahan-lahan, rentangkan perut dengan menurunkan diafragma. Selanjutnya rentangkan tulang rusuk seluas-luasnya. Lalu, biarkan dada bagian atas mengembang dan mengangkat.

Setelah itu, buang napas semaksimal mungkin, kemudian biarkan tulang rusuk berkontraksi, dan terakhir bawa otot perut masuk dan naik untuk mengangkat diafragma dan mengeluarkan sisa-sisa udara di dalam paru-paru.

Banyak memakan antiinflamasi
Dikutip dari Medical News Today, peradangan pada saluran udara dapat membuat kesulitan bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Akan tetapi, mengonsumsi makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala-gejala ini. Beberapa makanan yang membantu melawan peradangan ada, kunyit, sayuran hijau, ceri, bluberi, zaitun, kacang kenari, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Perhatikan postur tubuh
Sebagaimana yang dikutip RUSH, paru-paru adalah struktur lunak, dan kapasitas ruang paru-paru tergantung pada postur tubuhmu. Nah, untuk memaksimalkan kapasitas paru-paru, biasakan untuk selalu bersikap tegak, baik saat berdiri maupun duduk.

Rutin olahraga
Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Latihan fisik akan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot. Ini juga akan meningkatkan sirkulasi pernapasan dan membuat tubuh lebih efisien dalam membuang kelebihan karbon dioksida.

Dengan rutin berolahraga, tubuh akan mulai beradaptasi, di mana otot-otot akan menggunakan oksigen secara lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida. Tapi, bagi orang dengan masalah paru-paru, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu sebelum menentukan regimen olahraga yang hendak dilakukan.

Tubuhmu selalu terhidrasi
Air merupakan komponen yang sangat penting bagi seluruh bagian tubuh, termasuk paru-paru. Memastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari dapat membantu menjaga lapisan mukosa di paru-paru tetap tipis. Lapisan yang lebih tipis ini membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

Terapi uap
Terapi uap merupakan aktivitas yang melibatkan menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Orang dengan masalah paru-paru kemungkinan akan mengalami penurunan kesehatan ketika berada di tempat dengan udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Namun sebaliknya adanya uap akan menambah kehangatan dan kelembapan udara yang dapat meningkatkan sirkulasi pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Hal ini dapat membantu orang bernapas lebih mudah.

Itulah tadi beberapa cara memperkuat paru-paru.Yuk coba kita praktekkan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *