Jenis-Jenis Vitamin Untuk Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuhmu

Berita Terbaru Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan penyakit dan virus-virus berbahaya. Imunitas tubuh dapat dijaga dengan istirahat cukup, kebersihan diri, olahraga teratur, stres terkelola, dan makanan penuh nutrisi. Kendati demikian, kita masih sering bingung. Kira-kira, makanan apa yang cocok untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tapi jangan khawatir. Kebanyakan vitamin dan mineral yang penting untuk imunitas tubuh sebenarnya mudah didapat. Dikutip dari Cleveland Clinic dan Healthline, berikut macam-macam vitamin untuk menguatkan sistem kekebalan tubuhmu :

Jenis-Jenis Vitamin Untuk Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuhmu

Vitamin C
Vitamin C sering jadi andalan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Peran vitamin C dalam fungsi sistem imun memang gak perlu diragukan lagi. Vitamin ini juga dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang esensial dalam melawan infeksi.

Vitamin C banyak tersedia di alam dan mudah didapat. Kamu bisa makan buah-buahan sitrus (jeruk, jeruk nipis, atau lemon), paprika merah, stroberi, pepaya, bayam, dan lain-lain untuk dapat vitamin ini.

Vitamin E
Vitamin E juga gak kalah jago untuk urusan menjaga sistem imun tubuh, lho! Vitamin ini punya peranan penting dalam menjaga fungsi imunitas tubuh. Sifat antioksidannya juga bisa membantu tubuh melawan infeksi.

Kamu bisa dapat vitamin E dengan mengonsumsi kacang almon, kacang hazelnut, alpukat, brokoli, biji bunga matahari, bayam, dan lain-lain.

Vitamin A
Sama seperti vitamin C dan E, vitamin A juga bantu menguatkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Vitamin ini gak boleh ketinggalan untuk dikonsumsi.

Kamu bisa dapat asupan vitamin A dengan mengonsumsi wortel, ubi-ubian, melon, dan labu. Senyawa karotena yang terkandung dalam makanan-makan tersebut akan diubah tubuh menjadi vitamin A.

Vitamin D
Vitamin D juga punya peran tersendiri dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin ini bisa didapat dari sinar matahari, tapi tidak dalam jumlah yang cukup. Belum lagi risiko kesehatan yang menanti akibat terlalu lama terpapar sinar UV. Namun, kamu gak perlu khawatir.

Kamu bisa dapat asupan vitamin D dari yoghurt dan ikan berlemak sehat, seperti salmon, mackerel, tuna, hingga sarden.

Seng (zinc)
Seng atau biasa disebut zinc juga punya peranan penting dalam fungsi imunitas tubuh. Kamu bisa dapat mineral seng dengan mengonsumsi kepiting, kerang-kerangan, daging-daging tak berlemak atau lean meat (daging ayam tanpa kulit, kalkun, daging merah tanpa lemak), hingga yoghurt.

Selenium
Selenium juga punya peranan penting untuk sistem imun. Mineral ini bantu mengurangi peradangan dan stres oksidasi dalam tubuh sehingga imunitas bisa meningkat. Kamu bisa dapat selenium dengan mengonsumsi bawang putih, brokoli, sarden, tuna, kacang brasil, dan lain-lain.

Zat besi
Zat besi juga punya peran dalam menguatkan sistem imun. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dengan membunuh bakteri-bakteri jahat. Kamu bisa dapat asupan zat besi dengan mengonsumsi ayam, kalkun, makanan laut, brokoli, kubis, dan lain-lain.

Biarpun termasuk vitamin dan mineral terbaik untuk menguatkan sistem imun, tujuh nutrisi di atas bukan satu-satunya. Masih ada nutrisi-nutrisi lainnya yang juga sama baik. Jadi, jagalah pola makan dengan gizi seimbang dan tidak berat sebelah pada nutrisi tertentu saja.

Ayo, mulai sekarang tepis penyakit dan virus-virus berbahaya dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan gizi seimbang! Dan mulailah pola gaya hidup sehat lainnya, seperti sering olahraga dan istirahat cukup.
Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *