Aturan-Aturan Dalam Pencegahan Virus Corona Yang Harus Diterapkan Dirumah

Berita Terbaru Pada minggu kedua masa social distancing dan work from home (WFH), masih ada orang yang bingung dengan apa yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona . Namun banyak juga sebagian masyarakat yang abai dengan hal tersebut.

Bagi kamu yang sudah sepenuhnya sadar dengan pentingnya cara pencegahan virus mematikan ini, jangan pernah lelah memberi edukasi kepada orang-orang di sekitarmu, ya. Termasuk menerapkan peraturan dalam pencegahan virus corona yang harus diterapkan di rumah :

Aturan-Aturan Dalam Pencegahan Virus Corona Yang Harus Diterapkan Dirumah

Sediakan cairan disinfektan
Walaupun sudah benar-benar social distancing dan WFH, ada kalanya kamu masih harus keluar rumah untuk membeli kebutuhan harian, seperti bahan pangan dan kebutuhan lain. Karena itulah, kamu perlu menyiapkan cairan disinfektan untuk disemprotkan ke benda-benda yang berpotensi mengandung virus corona.

Kalau gak sempat membeli cairan disinfektan, kamu bisa gunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Seperti cairan pemutih baju, cuka, karbol, cairan pembersih lantai, hingga minyak kayu putih. Kamu bisa browsing bagaimana cara membuatnya dari sumber-sumber yang terpercaya.

Ketika pulang dari bepergian
Sebagian dari kamu barangkali ada yang belum bisa sepenuhnya WFH. Beberapa hari sekali kamu masih harus bolak-balik kantor. Penting buat kamu untuk memperhatikan gimana protokol ketibaan di rumah setelah pulang dari kantor atau setelah bepergian.

Pastikan kamu melepas sepatu di luar rumah dan buang masker yang kamu pakai. Kemudian, semprotkan sepatu kamu tersebut dengan cairan disinfektan, termasuk smartphone, kacamata, kunci kendaraan, dan benda-benda lain yang ikut terbawa olehmu.

Khusus untuk pakaian, pastikan langsung kamu lepas dan taruh di ember pakaian kotor. Lanjutkan dengan mandi hingga badan kamu benar-benar bersih.

Rutin semprotkan disinfektan di benda-benda di rumah kamu
Selain itu, kamu perlu juga menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda lain di dalam rumahmu, seperti remote televisi, handle pintu rumah, pintu lemari es, laptop, dan mouse. Benda-benda tadi berpotensi terpapar virus karena sering kamu pegang, terlebih jika kamu masih sesekali keluar rumah.

Saat ada paket datang ke rumah
Hal riskan lainnya terkait penyebaran virus corona adalah saat ada paket datang ke rumah. Belanja online atau membeli makanan via aplikasi memang satu hal yang belum bisa kita hindari sepenuhnya.

Karena itulah, kamu yang harus lebih aware supaya virus yang barangkali terbawa oleh kurir gak menempel ke tubuhmu atau menyebar ke dalam rumah.

Caranya, kamu bisa meminta kurir untuk meletakkan paket kamu di teras rumah. Saat paket itu kamu ambil, semprot dulu dengan cairan disinfektan secara menyeluruh, lalu biarkan hingga kering. Setelah itu, jangan lupa untuk langsung mencuci bersih tanganmu sebelum kamu memegang wajah atau benda-benda lain di dalam rumah.

Saat paket sudah dibuka, pastikan pula untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke benda tersebut. Khusus untuk bahan makanan yang dibeli secara online, kamu bisa menerapkan hal serupa. Hanya saja gunakan cairan disinfektan yang lebih ramah untuk tubuh, seperti cuka.

Jauhi kerumunan atau keramaian dulu
Meskipun cuma dengan tetangga dekat yang tinggal di dalam satu komplek perumahan, sebaiknya hindari dulu ngumpul-ngumpul bareng tetangga. Tetap stay di rumah dan cukup bertemu tetangga jika memang benar-benar diperlukan.

Jangan lupa ajarkan anak tentang hal ini
Dan yang terakhir , jangan lupa mengedukasi anak-anak di rumah tentang adanya virus corona ini, bagaimana bahayanya jika masuk ke dalam tubuh, dan ajakan untuk sering mencuci tangan.

Walaupun anak-anak dengan imun tubuh yang baik dapat lebih terhindar dari paparan Covid-19, bukan berarti mereka lebih aman tanpa menjaga tangan selalu bersih. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengingatkan mereka juga, ya.

Memang perihal di atas terkesan ribet. Namun demi kesehatanmu dan meminimalisir penyebaran corona di negeri ini, hal ini harus kita lakukan. Selalu waspada dan jaga kesehatanmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *