Makanan-Makanan Yang ”Haram” Diberikan Untuk Hewan Peliharaan

Berita Terbaru Sebagian orang menganggap jika kehadiran hewan peliharaan ke dalam hidup kita memang cukup berarti, bisa menjadi hiburan tersendiri hingga menjadi sosok yang mampu menemani kita sehari-hari. Dan juga kamu akan memperlakukan hewan peliharaan dengan penuh sayang layaknya anggota keluarga sendiri.

Hingga kamu rela berbagi apa saja kepada anjing atau kucing yang kamu punya. Contohnya ketika sedang makan, kamu pasti pernah memberikan sedikit makanan kamu ke hewan peliharaanmu demi membuatnya senang. Padahal itu adalah kesalahan fatal. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh kucing atau anjing karena bisa menyebabkan keracunan hingga kematian.

Sebagaimana dilansir dari Frontiers in Veterinary Science, beberapa makanan yang aman untuk dikonsumsi manusia justru beracun bagi kucing dan anjing. Sudah banyak kasus yang terjadi perihal kasus ini karena kurangnya pengetahuan sang pemilik hewan peliharaan. Inilah beberapa makanan yang bisa menyebabkan kematian pada hewan peliharaan kamu, antara lain :

Makanan-Makanan Yang ''Haram" Diberikan Untuk Hewan Peliharaan

Cokelat dan kafein
Dikutip dari Live Science, cokelat menjadi salah satu makanan yang paling sering terlibat dalam kasus keracunan pada hewan peliharaan. Ketika hewan peliharaan memakan cokelat, mereka akan mengalami sakit perut, kejang-kejang, serta kematian. Biasanya gejalanya baru mulai muncul 2-4 jam setelah mengonsumsi cokelat, di mana mereka akan mulai gelisah, haus terus-terusan, dan muntah.

Perihal ini disebabkan karena cokelat mengandung 2 bahan yang berbahaya bagi hewan peliharaan, yakni theobromine dan kafein. Kedua senyawa ini mengubah proses seluler dan menghasilkan stimulasi sistem saraf pusat dan otot jantung. Akibatnya, hewan peliharaan, khususnya anjing akan mati karena gagal napas.

Xylitol
Diketahui jika Xylitol merupakan gula alkohol yang digunakan sebagai bahan untuk permen, permen karet, dan pasta gigi. Meskipun Xylitol aman untuk dikonsumsi oleh manusia, namun bahan ini bisa membuat hewan peliharaan seperti anjing mati, demikian dilaporkan oleh Healthline.

Saat anjing mengonsumsi makanan yang mengandung xylitol, mereka akan mengalami penurunan gula darah secara tiba-tiba dan signifikan. Gejala awal yang sering muncul pada 30 menit setelah konsumsi adalah seperti muntah, depresi, sulit bergerak, koma dan kejang. Pada akhirnya, anjing mengalami kerusakan hati dan mati hanya karena salah konsumsi makanan.

Bawang
Spesies tanaman seperti bawang, daun bawang, dan bawang putih sering membuat anjing dan kucing sakit. Usut punya usut, bahan makanan yang tidak asing bagi manusia ini mengandung senyawa yang disebut organosulfoksida. Ketika hewan memakan bawang, organosulfoksida berubah menjadi campuran kompleks senyawa sulfur, yang dapat menyebabkan sel darah merah hewan terurai.

Gejala keracunan dapat muncul sehari atau beberapa hari setelah konsumsi, tergantung pada jumlah yang dicerna. Tanda-tanda awal umum yang terjadi adalah muntah, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Anjing dan kucing bisa terkena anemia kalau sampai memakan bawang. Lagi-lagi, anjing lebih riskan daripada kucing soal keracunan makanan.

Alkohol dan ragi
Memang manusia boleh sesekali mengonsumsi alkohol, namun hewan peliharaan sama sekali tidak boleh. Gejala biasanya muncul 1 jam setelah mengonsumsi alkohol, di mana anjing mengalami kelelahan, depresi, suhu tubuh rendah, pernapasan buruk, dan muntah. Itu baru dalam jumlah yang kecil, kalau sampai mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar, akibatnya adalah kejang dan kematian.

Tidak hanya itu, seekor anjing yang memakan adonan mentah mengandung ragi juga menjadi masalah. Ketika sel ragi berfermentasi, mereka akan menghasilkan alkohol yang menyebabkan tingkat alkohol dalam darah anjing meningkat.

Pada akhirnya, lagi-lagi menyebabkan keracunan alkohol dan kematian. Lebih-lebih, adonan akan mengembang di perut anjing dan bisa menyebabkan kembung hingga kesulitan bernapas.

Anggur dan kismis
Anggur dan kismis sangatlah beracun bagi hewan peliharaan seperti anjing. Kedua makanan ini dapat menyebabkan gagal ginjal yang cepat, yang akhirnya bisa berakibat fatal. Memang sih senyawa beracun yang ada dalam anggur masih belum diketahui, tetapi bahkan dalam jumlah kecil saja sudah dapat membuat anjing sakit.

Maka dari itu kamu benar-benar harus memperhatikan makanan yang sekiranya mengandung anggur atau kismis seperti kue. Adapun gejala yang ditunjukkan oleh anjing seperti muntah, depresi, haus terus, dan kelelahan.

Garam
Makan terlalu banyak bisa memicu keracunan garam atau kekurangan air pada anjing. Mereka akan mengalami muntah, diare, depresi, tremor, demam, kejang, dan bahkan mungkin berakibat fatal pada kasus yang parah. Menurut Merck Veterinary Manual, memberi anjing makanan asin seperti popcorn atau chips sangat tidak dianjurkan.

Demikianlah beberapa makanan yang bisa saja menyebabkan kematian pada hewan peliharaan. Yuk jangan sampai kamu berikan makanan-makanan diatas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *