Trik Supaya Tulisan Karya Kamu Diminati Orang

Berita Terbaru Kebanyakan orang tidak percaya diri saat menulis. Alasannya pun beragam, ada yang merasa tidak terbiasa menulis, ada yang merasa karyanya monoton, sulit merangkai kata dan lain sebagainya. Namun untuk atasi hal tersebut yaitu dengan cara konsisten menulis. Dengan konsisten menulis, kita akan terbiasa untuk mengolah pikiran kita menjadi rangkaian kalimat yang mewakili pikiran kita. Namun, dengan konsisten saja tidak cukup. Kamu juga harus menambahkan racikan sendiri agar tulisanmu semakin menawan. Racikan seperti apa itu? Berikut ulasannya :

Trik Supaya Tulisan Karya Kamu Diminati Orang

Jauhi typo
Typo merupakan kependekan dari a typograpical error atau kesalahan tipografi. Meskipun kelihatannya sepele, tetapi typo atau kesalahan ejaan dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pembaca dengan penulis, loh. Selain itu, informasi yang diperoleh pembaca juga menjadi tidak lengkap dan maknanya berbeda.

Untuk mengatasi typo kamu perlu merevisi tulisanmu minimal enam kali sebelum melakukan publikasi. Lakukan di waktu-waktu terpisah agar kamu tidak merasa jenuh dengan tulisanmu.

Menulis sesuai EYD
Menulis sesuai EYD akan membuat tulisanmu memiliki nilai lebih di mata pembaca dan editor. Terutama naskah yang akan kamu kirimkan ke penerbit. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar juga termasuk salah satu upaya untuk melestarikan Bahasa Indonesia, loh!

Plot twist
Plot twist atau lebih umum dikenal sebagai kejutan di akhir cerita biasanya diselipkan dengan tujuan untuk mengaduk emosi pembaca. Plot twist yang bagus akan meninggalkan kesan yang dalam bagi pembacamu.

Detail
Ketika mendeskripsikan sesuatu biasanya orang akan menjabarkan sesuatu yang berkaitan dengan hal itu. Mendeskripsikan sesuatu perlu menjelaskan sesuatu dengan jelas agar pembaca dapat memahami apa yang kita maksud. Kadang, penulis hanya menjelaskan secara garis besarnya saja tanpa menjelaskan secara terperinci. Ini membuat pembaca kadang kurang menangkap maksud sang penulis. Oleh sebab itu, menjelaskan sesuatu dengan detail dapat membantu pembaca memahami maksud penulis sekaligus menghidupkan tulisanmu.

Gunakan majas
Majas atau kiasan biasanya digunakan penulis agar tulisannya terlihat lebih rapi, menawan, dan tidak kaku. Ini yang membedakan novel/cerpen dengan karya ilmiah. Contoh majas yang sering dijumpai di novel/cerpen diantaranya, majas metamora, hiperbola, personifikasi, simile, dan lain sebagainya.

Gunakan kata-kata yang jarang dipakai
Selain menggunakan kata baku, kamu bisa menggunakan kosa kata yang jarang dipakai oleh penulis lain. Misalnya, gelas yang dipakai tamu itu meninggalkan kulacino di meja dekat asbak berwarna keperakan. Dalam KBBI, kulacino berarti bekas air di permukaan meja akibat gelas dingin atau basah. Dalam perlombaan, menulis dengan gaya seperti ini bisa menjadi poin plus di mata juri. Kalau kamu mau, kamu juga bisa menambahkan catatan kaki untuk memberikan keterangan katanya.

Perbanyak narasi
Ingat, kamu menulis cerita. Bukan menggarap naskah sinetron! Menulis dialog yang tidak perlu hanya akan membuat pembacamu merasa bosan. Daripada menulis.

Cobalah berpikir positif
Dan poin terakhir yaitu untuk mencoba menjadi dirimu sendiri dengan yakin dan percaya diri. Percaya diri akan membuatmu berpikir positif. Berpikir positif membuatmu menjadi lebih optimis dan pantang menyerah. Ini juga yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang.

Kalau kamu berpikir tulisanmu bagus dan kamu yakin kamu bisa, kamu pasti akan bekerja keras dan terus mencoba agar mendapat pengakuan. Sebaliknya, jika kamu berpikir kamu tidak bisa, kamu pasti akan berhenti mencoba dan mengacuhkan hal itu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu coba agar tulisanmu makin bergaya.Semoga artikel ini menambah wawasanmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *